Upaya meningkatkan prestasi belajar al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya melalui metode demonstrasi dan drill pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2010/2011
Mutholi’ah, Mutholi’ah (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya melalui metode demonstrasi dan drill pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111217_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (622kB) | Preview
093111217_bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
093111217_bab2.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
093111217_bab3.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
093111217_bab4.pdf - Accepted Version
Download (143kB) | Preview
093111217_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
093111217_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits Kelas I melalui Metode Demonstrasi dan Drill kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi Belajar Al Qur’an Hadits kelas I materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Apakah metode Demonstrasi dan Drill dapat meningkatkan prestasi belkajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun ajaran 2010/2011? 2). Bagaimana penerapan metode Demonstrasi dan Drill dalam meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya ? 3). Bagaimana relasi prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dengan penerapan metode Demonstrasi dan Drill ?
Permasalahan tesebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI NU Hidayatul Mustafidin madrasah tersebut dijadikan sebagai obyek penelitian dalam menerapkan metode demonstrasi dan drill datanya diperoleh dengan cara tes observasi dan studi dokumentasi semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa Prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, sebelum tindakan penelitian mencapai ketuntasan belajar klasikal sebanyak 17,39 % dengan rata-rata nilai 68,95 (KKM 75). Setelah peneltiian tindakan kelas dilaksanakan dengan menerapkan Metode Demonstrasi dan Drill, prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, dapat meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 86,95 % rata-rata nilai 81,30 (KKM 75) serta indikator pencapaian 75 %.
Penerapan metode Demonstrasi yaitu guru memperagakan pengucapan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dengan menunjukkan media gambar makhorijul huruf. Sedangkan Metode Drill penerapannya yaitu dengan pemberian latihan secara terus menerus kepada siswa dengan cara klasikal, kelompok maupun individual, dengan menggunakan media kartu huruf yang dikelompokkan sesuai makhrajnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Al-Qur'an Hadits; Baca Tulis Al-Qur'an; Ilmu Tajwid; Metode Pembelajaran; Demonstrasi dan Drill |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 06:19 |
Last Modified: | 08 Jul 2014 06:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2386 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year