Pernikahan dini dan dampaknya pada pendidikan Agama Islam anak dalam keluarga di Desa Badak Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

Jaelani, Jaelani (2023) Pernikahan dini dan dampaknya pada pendidikan Agama Islam anak dalam keluarga di Desa Badak Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016139_Jaelani_Lengkap] Text (Skripsi_1903016139_Jaelani_Lengkap)
Skripsi_1903016139_Jaelani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Desa Badak merupakan salah satu desa di Kecamatan Belik yang letaknya di daerah pegunungan bagian selatan kabupaten Pemalang, yang jauh dari perkotaan. Karena itulah kebudayaan dan pergaulan yang dari luar tidak begitu mempengaruhi lingkungan di desa tersebut. Banyak warga disana yang melakukan pernikahan di usianya yang masih muda dan tak jarang juga para keluarga mengalami kegagalan dalam mendidik keluarganya. Banyaknya kasus kegagalan dalam mendidik anak dan keluarga antara lain disebabkan karena dinilai kurang berpendidikan, kedewasaan, dan kemampuan melaksanakan tanggung jawab dalam sebuah keluarga. Mengingat besarnya tanggung jawab yang dijalani oleh kedua calon mempelai. Hal ini juga berakibat pada keturunan yang dihasilkan dalam sebuah perkawinan tersebut, dikarenakan kurangnya kematangan jiwa kedua calon mempelai.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak pernikahan dini terhadap Pendidikan Agama Islam pada keluarga pernikahan usia muda di Desa Badak Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dengan menggunakan metode penelitian Kualitatif lapangan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pernikahan dini sangat berpengaruh terhadap pendidikan agama islam anak dalam keluarga pernikahan dini di Desa Badak, khusunya dalam pendidikan Al Qur’an, akidah,ibadah dan akhlak, hal ini tentunya dilatarbelakangi oleh orang tua anak yang tidak bisa memberikan pendidikan dasar seacara maksimal didalam keluarga karena minimnya ilmu dan pengetahuan yang orang tua miliki untuk diajarkan kepada anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan; Pendidikan Agama Islam; Pernikahan dini; Usia muda; Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:19
Last Modified: 04 Sep 2024 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics