Pengembangan modul elektronik berbasis canva sebagai sumber belajar materi tata cara bersuci kelas IV SD Islam Al-Azhar 29 Semarang

Luthfiyah, Aisyatul (2023) Pengembangan modul elektronik berbasis canva sebagai sumber belajar materi tata cara bersuci kelas IV SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016142_Aisyatul Luthfiyah_Lengkap] Text (Skripsi_1903016142_Aisyatul Luthfiyah_Lengkap)
Skripsi_1903016142_Aisyatul Luthfiyah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa e-modul berbasis canva bagi peserta didik kelas IV semester ganjil mata pelajaran Tata Cara Bersuci. Penelitian ini didasari belum tersedianya sumber belajar yang inovatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik (e-modul) ini layak dijadikan sebagai salah satu sumber belajar. Penilaian sumber belajar ini didasarkan para ahli validasi dan peserta didik. Yakni ahli media 83% (sangat layak), ahli materi 84% (sangat layak), guru Pendidikan Agama Islam 81% (sangat alayak), dan yang terakhir peserta didik 83% (sangat layak). Kemudian hasil cara penggunaanya yakni dengan mengakses link. Peserta didik merasa antusias dengan adanya games dan video.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik; Canva; Tata cara bersuci; Wudhu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:27
Last Modified: 04 Sep 2024 01:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics