Strategi dakwah majalah “Hadila” dalam menghadapi perkembangan media digital

Anindya, Luqyana (2023) Strategi dakwah majalah “Hadila” dalam menghadapi perkembangan media digital. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026034_Luqyana_Anindya] Text (Skripsi_1701026034_Luqyana_Anindya)
Skripsi_1701026034_Luqyana_Anindya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi dakwah yang digunakan oleh Majalah Hadila dalam menghadapi perkembangan media digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti untuk mendapatkan kesimpulan yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif Miles dan Huberman. Teknik analisis tersebut berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Seiring dengan perkembangan zaman, kecanggihan teknologi kian melaju pesat, seluruh masyarakat semakin mudah dalam mencari informasi terutama melalui media digital. Selain digunakan untuk interaksi antar pengguna, media digital juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran dakwah. Salah satu media dakwah yang ikut andil dalam perkembangan digital ialah Majalah Hadila yang dibahas dalam penelitian ini, persoalan mengenai bagaimana strategi dakwah Majalah Hadila dalam menghadapi perkembangan digital?.
Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa strategi dakwah yang digunakan Majalah Hadila dalam menghadapi perkembangan media digital, yaitu tidak hanya mengemas dalam bentuk cetak saja, tetapi dalam bentuk digital, yaitu website, facebook, dan Instagram. Akan tetapi dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan oleh Majalah Hadila kurang berhasil,tidak seperti prinsipnya berupa syumulliyatul Islam (Islam adalah agama yang komprehensif), meskipun hasil outputnya dianggap cukup baik dan mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal seperti kurangnya kecakapan SDM pengelola redaksi, kurun waktu update yang kurang konsisten, narasumber tidak banyak dikenal luas dan kurang adaptif dan inisiatif dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Majalah; Media Digital; Strategi Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:05
Last Modified: 09 Sep 2024 01:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics