Pesan dakwah pada unggahan akun Instagram @sketsadakwahh
Azmi, Jauharotul (2023) Pesan dakwah pada unggahan akun Instagram @sketsadakwahh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1801026010_Jauharotul_Azmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Dakwah merupakan salah satu kewajiban sebagai seorang Muslim. Penggunaan media visual bukanlah hal baru dan fenomena ini menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Para da’i dan desainer Muslim pun ikut menggunakan media visual seperti komik, poster sebagai alat untuk menyampaikan pesan dakwah. Perkembangan ini seiring dengan pesatnya perkembangan internet yang ada saat ini. Pesan dakwah dapat tersebarkan secara mudah melalui jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Akun @sketsadakwahh merupakan salah satu akun instagram yang menyebarkan pesan dakwah lewat unggahannya.
Penelitian ini berusaha menjawab tentang bagaimana isi pesan dakwah yang disampaikan melalui unggahan pada akun Instagram @sketsadakwahh. Untuk mendeskripsikan persoalan ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan dakwah dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) Burhan Bungin. Data yang diperoleh melalui hasil dokumentasi.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah jenis pesan dakwah yang tertera pada gambar dan caption berupa ayat A-Quran, hadits nabi, karya seni, serta perkataan para sahabat Nabi. Tema pesan dakwah yang terkandung di dalamnya terdiri dari pesan aqidah (Hidayah Allah), pesan syariah terkait pertemanan (muamalah), hijrah, membaca al-quran dan pesan akhlak terkait sabar dan syukur, serta senyum adalah sunah. Simbol visual menggunakan tipografi dengan jenis huruf dengan kategori Script atau Handwriting. Jenis tulisan ini menyampaikan karakter santai, ramah untuk dibaca. Ilustrasi yang digunakan berupa Al-Quran, jilbab dan cadar. Warna yang digumakan memberikan makna netral, ketenangan, ketegasan dan kedamaian. Penelitian ini hanya membahas terkait isi pesan yang disampaikan melalui unggahan poster dan caption yang dituliskan. Saran penelitan kedepannya untuk dapat menggali lebih dalam terkait respon yang diberikan terhadap poster poster dakwah dan juga dapat meneliti terkait strategi yang digunakan para desainer dakwah dalam membuat konten-konten yang dapat diterima oleh semua kalangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Dakwah; Simbol Visual; Media Instagram |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 09:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 09:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23933 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year