Teknik humor dalam dakwah : analisis channel Youtube Komedi Dakwah Film

Paryanto, Farhan Hafidh Andikap (2023) Teknik humor dalam dakwah : analisis channel Youtube Komedi Dakwah Film. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801026142_Farhan_Hafidh_Andikap] Text (Skripsi_1801026142_Farhan_Hafidh_Andikap)
Skripsi_1801026142_Farhan_Hafidh_Andikap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan dakwah pada masa kini dapat disampaikan melalui media sosial, salah satunya yakni youtube, dakwah melalui youtube dapat berupa video pendek dengan memanfaatkan fitur-fitur pada youtube sehingga mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pedan dakwah. Humor menjadi salah satu penopamg untuk dakwah tersebut dikemas lebih menarik, sehingga membuat dakwah tersebut tidak terlihat terlalu kaku. Salah satu channel youtube dengan dakwah yang disisipi humor yakni Komedi Dakwah Film, dengan kontennya Komedi Dakwah yang berupa film pendek humor namun terdapat unsur dakwah yang tertanam pada konten tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan pengumpulan data analisis isi (content analysis) data primer diperoleh dari 5 video film pendek yang ada di channel youtube Komedi Dakwah Film dan teknik pengumpulan data dokumentasi, tujuan dari penelitian ini Untuk meingeitahuii teknik humor yang digunakan dalam dakwah pada kontein KomeiDak Channeil Youtubei Komeidii Dakwah Fiilm.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik humor yang digunakan pada film pendek Komedi Dakwah menggunakan teknik humor parodi, ironi dan puns. Teknik humor yang digunakan bertujuan untuk membuat para audiens tidak jenuh dengan apa yang disampaikan pada film Komedi Dakwah tersebut, namun porsi humor tidak boleh berlebihan melebihi dakwah yang akan disampaikan. Dengan adanya konten film pendek Komedi Dakwah pada channel youtube Komedi Dakwah Film diharapkan masyarakat dan anak milenial dapat memhami apa isi pesan yang terdapat pada sebuah video pendek dakwah yang disisipi dengan humor, walaupun dengan humor namun tidak menghilangkan esensi dakwah yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Humor dalam dakwah; Komedi dakwah film; Konten Youtube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:07
Last Modified: 10 Sep 2024 01:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23940

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics