Strategi pengelolaan channel Youtube Shift Media sebagai media dakwah digital

Kamil, Insanul (2023) Strategi pengelolaan channel Youtube Shift Media sebagai media dakwah digital. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026020_Insanul_Kamil] Text (Skripsi_1901026020_Insanul_Kamil)
Skripsi_1901026020_Insanul_Kamil.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Shift merupakan gerakan pemuda hijrah yang didirikan oleh Ustadz Hanan Attaki dan rekannya yaitu Fani Krismandar (Mang Inong) yang berpusat di Kota Bandung. Dalam mengembangkan aktivitas dakwahnya, Shift membentuk Shift Media yang dijadikan media dakwah digital untuk menyebarkan dakwah dan menarik minat terutama anak muda untuk mempelajari agama Islam. Media yang dipakai Shift salah satunya yaitu channel youtube. Shift Media mengemas dakwah dengan konsep yang menyesuaikan gaya anak muda, dari gaya bahasa, busana, hingga tema dan materi dakwah yang juga disesuaikan dengan permasalahan anak muda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti, diolah melalui proses koleksi data, editing data, klasifikasi data dan interprestasi data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pengelolaan media sosial yang dipakai meliputi tiga tahapan, yakni proses perencanaan strategi, proses implementasi strategi, dan tahap evaluasi. Adapun ciri yang dimiliki oleh Shift Media sebagai media dakwah digital dalam menyebarkan dakwah yakni fokus pada konten-konten ceramah, menampilkan pesan dakwah dengan kemasan tanya jawab, mengembangkan metode dakwah bil lisan dengan cara bermain peran, Q&A, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur media sosial, menggunakan bahasa informatif dan persuasif, dan menyajikan visual multimedia yang menarik melalui thumbnail dan poster.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan; Youtube; Media Dakwah; Dakwah digital
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Sep 2024 09:52
Last Modified: 10 Sep 2024 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23958

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics