Problematika metode pembelajaran Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Kunduran Blora
Sumardi, Eko (2011) Problematika metode pembelajaran Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Kunduran Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111240-COVER.pdf - Accepted Version
Download (326kB) | Preview
093111240-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
093111240-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
093111240-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (67kB) | Preview
093111240-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (57kB) | Preview
093111240-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
093111240-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas metode pembelajaran qur’an hadist di kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Kunduran Blora. Hal ini dilatar belakangi berdasarkan penulis yang pernah memandu dan mengawasi anak-anak kelas VIII M.Ts Muhammadiyah membaca al qur’an (tadarus) sepuluh menit dimulainya jam pelajaran pertama atau 10 menit sebelum jam 7 pagi. Latar belakang tersebut menuntut keingintahuan penulis terhadap metode pembelajaran qur’an hadist di kelas VIII M.Ts Muhammadiyah Blora. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) metode apakah yang digunakan dalam pembelajaran qur’an hadist di kelas VIII M.Ts Muhammadiyah 3 Kunduran Blora? (2) Problematika apakah yang dihadapi guru qur’an hadist dalam pembelajaran qur’an hadist di kelas VIII M. Ts Muhammadiyah 3 Kunduran Blora?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (diskriptif kualitatif) yang di laksanakan di M. Ts Muhammadiyah kelas VIII serta dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret metode pembelajaran serta hal-hal yang terkait yang sudah penulis sampaikan. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, Dokumentasi dan menggunakan angket. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis metode induktif dan metode deduktif , Triangulasi data serta dengan bantuan teknik analisis kuantitatif untuk mempresentase hasil dari angket siswa.
Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Metode Ceramah, Metode Membaca, Metode Diskusi, Metode Tanya Jawab, Metode Drill menurut penulis adalah drill atau latihan menulis, Metode Hafalan. (2) problematika terhadap penggunaan metode metode yang digunakan guru qur’an hadist kelas VIII M. Ts Muhammadiyah 3 Kunduran sebagai berikut :Faktor asal sekolah anak dan juga pendidikan non formal keagamaan akan sangat berpengaruh terutama terhadap metode membaca, menulis, menghafal, Faktor kemampuan anak yang berbeda-beda akan berpengaruh pada metode pembelajaran, disinilah guru sangat penting untu menentukan metode yang tepat. Ceramah adalah metode yang sangat sering digunakan di, menurut penulis memang mengharuskan dengan menggunakan ceramah mata pelajaran ini selain itu juga dengan pertimbangan faktor siswa yang lebih banyak lulusan dari SD, Faktor dari guru yang bersangkutan juga menjadi problematika dalam metode pembelajaran, Penggunaan metode drill menulis, drill membaca ataupun drill menghafalkan masih kurang intensitasnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 06:28 |
Last Modified: | 08 Jul 2014 06:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2396 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year