Korelasi antara pengetahuan aqidah akhlak dan akhlak siswa kelas V MI Husnul Khatimah Rowosari kecamatan Tembalang kota Semarang tahun 2010/2011
Dami, Dami (2011) Korelasi antara pengetahuan aqidah akhlak dan akhlak siswa kelas V MI Husnul Khatimah Rowosari kecamatan Tembalang kota Semarang tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111241-COVER.pdf - Accepted Version
Download (307kB) | Preview
093111241-BAB I.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
093111241-BAB 2.pdf - Accepted Version
Download (138kB) | Preview
093111241-BAB 3.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
093111241-BAB 4.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
093111241-BAB 5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
093111241-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui adakah hubungan atau korelasi antara Prestasi belajar yang terwakili oleh nilai raport dengan akhlak siswa .
Jenis kajian skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitif uji korelasi dengan metode penelitian statistik. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif
Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya korelasi antara prestasi yang ditunjukkan melalui nilai raport dengan akhlak siswa yang disimbolkan dengan nilai dari pengisian angket dengan didukung hasil observasi lapangan dan data pendukung lainya yang dianggap perlu. Tidak adanya korelasi mengindikasikan prestasi mata pelajaran Aqidah Akhlak bukan merupakan jaminan secara otomatis bahwa siswa telah mempunyai akhlak yang baik pula. Walaupun tumpuan begitu besar terhadap sebuah nilai akan berimbang dalam kenyataan, tetapi fakta obyektif di lapangan tidak sesuai dengan apa yang di inginkan. Dengan demikian melalui hasil studi korelasi ini penulis mengingatkan seorang guru harus kerja ekstra keras jangan merasa puas atau telah berbuat yang terbaik walaupun dalam pelaksanaan metode pembelajarannya sudah sesuai apa yang ada dalam kurikulum dan secara teoritis sangat menjanjikan keberhasilanya. Dengan begitu hasil positip dari sebuah penelitian dalam skripsi ini tidak melebihkan dari kenyataan.
Akhirnya semoga Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi, khususnya bagi guru di lingkungan sekolah, serta kepala sekolah sehingga dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan prestasi yang berimbang dengan akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlak; Akhlak Siswa; Budi Pekerti |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 06:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2014 06:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2397 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year