Strategi Radio Buana Asri dalam meningkatkan kualitas program siaran “Mimbar Agama Islam”
Anggraini, Revina Sukma (2023) Strategi Radio Buana Asri dalam meningkatkan kualitas program siaran “Mimbar Agama Islam”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1901026052_Revina_Sukma_Anggraini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Radio Buana Asri sebagai salah satu penyiaran lokal yang ada di Kabupaten Sragen dengan melaksanakan sistem penyiaran yang berbasis teknologi informasi yaitu live streaming dengan tujuan untuk memudahkan pendengar saat mendengarkan radio. Program siaran sendiri merupakan faktor penentu keberhasilan sebuah stasiun radio, dengan melihat perkembangan teknologi dan komunikasi yang terus mengalami peningkatan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola media penyiaran. Untuk itu perlu adanya strategi Radio Buana Asri dalam meningkatkan kualitas program siaran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan direktur utama dan direktur siaran. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen berupa website resmi berisi informasi mengenai Radio Buana Asri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Radio Buana Asri dalam program Mimbar Agama Islam telah dilakukan namun tidak maksimal. Pada strategi kesesuaian dikatakan sudah terencana dengan matang, sebab Radio Buana Asri melakukan riset mengenai penjadwalan yang sesuai dengan kebutuhan pendengar. Selain itu, pada strategi pembentukan kebiasaan, pihak radio konsisten dalam menyajikan penjadwalan. Meski demikian, dalam pengendalian arus pendengar Radio Buana Asri belum mampu meminimalisir agar pendengar tidak berpindah ke saluran lain. Pada penyimpanan sumber program ini, Radio Buana Asri tidak melakukannya dengan baik. Radio Buana Asri dalam Program Mimbar Agama Islam telah menerapkan strategi daya penarik massa, dengan pemilihan waktu disesuaikan pendengar serta adanya interaksi secara tidak langsung melalui live streaming maupun direct message di instagram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Program; Siaran radio; Kualitas program |
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 01:51 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 01:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23970 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year