Hubungan antara program siaran Nada dan Taqwa Radio Dais 107.9 FM dengan kebutuhan musik religi Islam pada komunitas Monitor Dais (MODIS)

Mustaghfiroh, Fidaa (2023) Hubungan antara program siaran Nada dan Taqwa Radio Dais 107.9 FM dengan kebutuhan musik religi Islam pada komunitas Monitor Dais (MODIS). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026112_Fidaa_Mustaghfiroh] Text (Skripsi_1901026112_Fidaa_Mustaghfiroh)
Skripsi_1901026112_Fidaa_Mustaghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Radio menjadi salah satu cara untuk mendengarkan musik, termasuk juga Radio Dais yang memutarkan musik religi Islam. Survei yang ditujukan kepada komunitas Monitor Dais (MODIS) menunjukan perbedaan frekuensi mendengarkan radio. Rata-rata anggota MODIS mendengarkan lebih dari 1 jam, sedangkan siaran musik yaitu Nada dan Taqwa hanya berdurasi 1 jam. Padahal kebutuhan musik tidak termasuk dalam kebutuhan utama. Kebutuhan musik tidak harus terpenuhi, namun jika sanggup memenuhinya maka akan muncul kepuasan terhadap media yang dapat memenuhinya, dalam hal ini adalah radio. Kepuasan pendengar atas program siaran radio menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah radio.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara program musik radio dan kebutuhan musik pendengar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan komunikasi massa sebagai kajian keilmuan mengenai penggunaan media massa untuk khalayak luas dan difokuskan pada media massa sebagai pemenuhan kebutuhan. Untuk mendapatkan data penelitian dilakukan pada komunitas Monitor Dais (MODIS) yang tergabung dalam grup WhatsApp dengan mengisi kuesioner. Selanjutnya untuk analisis data menggunakan korelasi product moment.
Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara program siaran Nada dan Taqwa Radio Dais dengan kebutuhan musik religi Islam pada komunitas Monitor Dais (MODIS). Hubungan ini didasarkan pada hasil nilai signifikansi sebesar 0 yang artinya < 0,05. Sedangkan hubungan keduanya bersifat kuat berdasarkan dari hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,654.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program siaran; Radio; Kebutuhan; Musik religi Islam; Komunitas Monitor
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:42
Last Modified: 11 Sep 2024 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics