Manajemen redaksi situs web alif.id dalam menyebarkan nilai moderasi beragama

Fakhor, M. Dzul (2023) Manajemen redaksi situs web alif.id dalam menyebarkan nilai moderasi beragama. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026131_M._Dzul_Fakhor] Text (Skripsi_1901026131_M._Dzul_Fakhor)
Skripsi_1901026131_M._Dzul_Fakhor.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penyebaran informasi terkait isu keagamaan melalui media online, rentan terhadap hoaks dan ujaran kebencian karena kecenderungan masyarakat untuk eksklusif, liberal, dan fanatik, bahkan mendorong pengembangan terorisme. Di era post-truth, perspektif Islam moderat dapat digunakan untuk mengambil tindakan yang tepat dalam pencarian dan pembuatan kebenaran. Media memainkan peran yang sangat penting dalam menyebarkan pemahaman moderasi beragama. Sebagai media keislaman yang bergerak di bidang kebudayaan, Alif.id melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama melalui karya tulis yang dipublikasikan pada situs webnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara manajemen media di ruang redaksi Alif.id dalam mengelola informasi yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen redaksi terkait pengelolaan konten dalam menyebarkan nilai moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara dan
dokumentasi. Peneliti mendeskripsikan manajemen redaksi dengan menggunakan analisis manajemen media menurut Sam Abede Pareno yaitu melalui tahapan perencanaan (planning), organisasi (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) dalam menyebarkan nilai moderasi beragama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Alif.id menjalankan manajemen redaksi pada tahapan manajemen media. Ada 4 manajemen media, yaitu 1) Perencanaan meliputi penentuan visi dan misi, penentuan jenis media, penentuan jenis dan tema konten, serta pemilihan penulis. 2) Pengorganisasian meliputi pembagian tugas kerja dan pengembangan redaksi. 3) Pelaksanaan meliputi produksi dan peliputan, pengemasan dan penulisan, serta pemasaran konten. 4) Pengendalian meliputi koreksi ulang dan evaluasi. Melalui manajemen redaksi yang dilaksanakan Alif.id dalam menyebarkan nilai moderasi beragama menghasilkan konten karya ilmiah populer dan karya jurnalistik yang disiarkan melalui situs webnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen redaksi; Media baru; Situs web; Alif.id; Moderasi beragama
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:17
Last Modified: 12 Sep 2024 01:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics