Komunikasi antar budaya santri dan etnis Tionghoa di Kauman Lasem

Chotimah, Aprikusnun (2023) Komunikasi antar budaya santri dan etnis Tionghoa di Kauman Lasem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026136_Aprikusnun_Chotimah] Text (Skripsi_1901026136_Aprikusnun_Chotimah)
Skripsi_1901026136_Aprikusnun_Chotimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari kedua tipe tersebut suku, agama, ras dan budaya. Keanekaragaman yang ada memang demikian interaksi antar budaya tidak bisa dihindari. Makanya menantang masyarakat harus mampu mengolah pemahaman dan menyamakannya ketika terjalin hubungan komunikasi antarbudaya untuk kelancaran komunikasi. Budaya dan komunikasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam praktiknya dapat dilihat dari interaksi yang terlain antara santri Kauman dengan warga Tionghoa sekitar. Adanya interaksi antara etnis tionghoa dengan santri di kawasan Pondok Pesantren kauman ini memunculkan beberapa bentuk interaksi sosial. Terlihat dari ingerkasi keduanya yang bersifat akomodatif, kombinasi dua kebudayaan yang berbeda melebur menjadi satu menjadi sebuah harnoni yang indah dalam perbedaan. Lalu bagiamanakah Komunikasi antar budaya yang terjadi antar santri dan warga Tionghoa Di Kauman Lasem? maka pada penelitian ini akan menjelaskan bagaimana Komunikasi Antar Budaya yang terjadi antara Santri dan warga TIonghoa di Lasem.
Tujuan dari riset ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana Komunikasi Antar Budaya Santri dan warga Tionghoa di Kauman Lasem. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode Etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan mengunakan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah Komunikasi Antar Budaya Yang Antara Santri dan warga Tionghoa di Kauman Lasem, banyak sekali interaksi yang terjalin dala praktik kehidupan yang sangat kerkesinambungan antara keduanya. Hubungan yang harmonis membuat sebuah harmoni dalam perbedaan yang yang menjatu dalam kehidupan sehari-hari. Toleransi antar umat beragama yang ada antara santri dan warga Tionghoa di Pondok Pesantren Kauman Lasem ini menghasilkan sebuah akulturasi budaya yang sangat menarik. Pondok pesantren yang berada di tengah mayoritas warga tionghoa mampu secara aktif beradaptasi serta menjaga interaksi dan hubungan baik diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi antarbudaya; Santri; Etnis Tionghoa; Lasem
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:30
Last Modified: 12 Sep 2024 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics