Analisis narasi peran ayah dalam film Sejuta Sayang Untuknya

Shabilla, Dhea Salsha (2023) Analisis narasi peran ayah dalam film Sejuta Sayang Untuknya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901026151_Dhea_Salsha_Shabilla] Text (Skripsi_1901026151_Dhea_Salsha_Shabilla)
Skripsi_1901026151_Dhea_Salsha_Shabilla.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Melansir dari laman narasi.tv, Indonesia menempati peringkat ke-3 sebagai negara yang memiliki tingkat fatherless yang tinggi. Masyarakat masih memandang ayah hanya memiliki peran sebagai pencari nafkah, tanpa mengaitkan keterlibatan ayah pada tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, peneliti mengambil penelitian yang berfokus pada peran ayah yang ditunjukkan dalam film Sejuta Sayang Untuknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ayah dalam perspektif Islam dengan mengggunakan teori Imam Al-Ghazali yang ditunjukkan dalam film Sejuta Sayang Untuknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data yang berupa screen capture dan penggalan narasi dalam film Sejuta Sayang Untuknya. Peneliti memfokuskan pada narasi cerita dalam film Sejuta Sayang Untuknya dengan menggunakan Analisis Naratif Tzvtan Todorov.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Sejuta Sayang Untuknya memiliki bagian dalam alur ceritanya yang menurut teori Tzvtan Todorov terbagi menjadi tiga bagian. Bagian tersebut terbagi menjadi alur awal (keseimbangan), alur tengah (gangguan dalam cerita), dan alur akhir (kembalinya keseimbangan cerita). Berdasarkan analisis tersebut, peneliti menemukan bahwa terdapat beberapa peran ayah dalam perspektif Islam yang ditunjukkan pada film Sejuta Sayang Untuknya. Penggambaran peran ayah tersebut diantaranya peran ayah yang memberikan kasih sayang terdapat 2 adegan dan narasi pada alur awal cerita, 1 adegan dan narasi pada alur tengah cerita. Peran ayah yang memiliki akhlak mulia terdapat 1 adegan dan narasi pada alur tengah cerita. Peran ayah yang memotivasi anaknya terdapat 2 adegan dan narasi pada alur tengah cerita. Peran ayah yang menasihati anaknya dengan kiasan terdapat 1 adegan pada alur awal cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran ayah; Analisis naratif; Film; Sejuta Sayang Untuknya
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Sep 2024 09:27
Last Modified: 12 Sep 2024 09:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24010

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics