Peran Yayasan Masyarakat Purwoyoso Peduli dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan pedagang di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Sa'adah, Nur (2023) Peran Yayasan Masyarakat Purwoyoso Peduli dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan pedagang di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701046027_Nur_Sa'adah] Text (Skripsi_1701046027_Nur_Sa'adah)
Skripsi_1701046027_Nur_Sa'adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perempuan pedagang di Kelurahan Purwoyoso yang berjualan di rumah maupun pasar telah berkembang dengan modal usaha yang diberikan dari Yayasan Masyarakat Purwoyoso Peduli. Pedagang diberikan ruang untuk berperan dalam lingkungan masyarakat salah satunya berdagang dengan melibatkan perempuan pada publik dan memberikan ruang untuk berjualan di pasar agar mempermudah pedagang dalam meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan.
Rumusan masalah penelitian ini yakni bagaimana peran YMPP dalam meningkatkam kesejahteraan pedagang perempuan di Kelurahan Purwoyoso dan bagaimana hasil peran YMPP dalam meningkatkam kesejahteraan pedagang perempuan di Kelurahan Purwoyoso. Tujuan untuk memberikan pinjaman/menambah modal usaha kepada masyarakat untuk memulai usaha. Berdirinya Yayasan Masyarakat Purwoyoso menangani permasalahan ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki modal yang dapat di pasarkan.
Jeinis peineilitian ini meri uipakan meitodei kuialitatif deingan peindeikatan sosiologi.
Peineilitian kuialitatif seicara istilah dideifinisikan sebi agai upayai untuiki menyajii kan duinia sosial, dan sudiuit pandangnya didalam duniia beirdasarkan konseip peirilakui, peirseipsi, dan peirsoalan teintang objeik yang diteiliti. Jeinis peineilitian ini peineilitian kuai litatif beirfokuis pada peimaknaan, peinalaran, peindeifinisian situiasi teirteintui, dan meingeiksplorasi leibih banyak masalah yang beirkaitan deingan keihiduipan seihari-hari. Data utama yang diperoleh dari ketua YMPP Kelurahan Purwoyoso, Perempuan Pedagang di Kelurahan Purwoyoso, anggota staff Purwoyoso dan Peminjam modal di YMPP.
Hasil penelitian ini peningkatan kesejahteraan pedagang melalui peran YMPP. sebagai berikut: 1. Peluang Usaha Peluang usaha adalah proses pengembangan dan perencanaan peluang untuk mencapai tujuan tertentu.. 2. Pertumbuhan Pendapatan Pendapatan pedagang berasal dari usaha yang dikelola dengan modal pinjaman dari Yayasan Komunitas Purwoyoso Peduli. 3. Kesejahteraan Pedagang Perempuan Kesejahteraan pedagang membantu meningkatkan perekonomian keluarga melalui peran Purwoyoso Peduli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan; Perempuan; Pedagang
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:35
Last Modified: 13 Sep 2024 06:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics