Implementasi corporate social responsibility PT Phapros Tbk di Kelurahan Bongsari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang

Firmansyah, Adjie (2023) Implementasi corporate social responsibility PT Phapros Tbk di Kelurahan Bongsari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701046070_Adjie_Firmansyah] Text (Skripsi_1701046070_Adjie_Firmansyah)
Skripsi_1701046070_Adjie_Firmansyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Corporate Social Responsibility merupakan kewajiban perusahaan dalam menjalankan dampak positif untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Dalam melaksanakan program CSR dibutuhkan kerjasama antara perusahaan dan masyarakat agar program dapat terlaksana optimal. Masyarakat Kelurahan Bongsari menghadapi masalah yang menyangkut kemiskinan, kesehatan dan pendidikan. Implementasi Corporate Social Responsibility dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini fokus pada dua permasalahan: 1) Bagaimana implementasi corporate social responsibility oleh PT Phapros di Kelurahan Bongsari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, dan 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi corporate social responsibility oleh PT Phapros Tbk di Kelurahan Bongsari Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang.
Untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisa seperti reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan untuk proses menganalisa data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Corporate Social Responsibility PT Phapros memiliki bentuk pembinaan sekolah dan pendampingan posyandu. Manfaat yang dirasakan yakni pengembangan infrastruktur sekolah, beasiswa bagi siswa dan pelatihan untuk guru dan tenaga kependidikan. Pelatihan dan bantuan alat juga diperoleh Kader Posyandu. Faktor pendukung implemntasi CSR adalah anggaran, koordinasi terjalin baik dan komitmen melaksanakan CSR sementara faktor penghambat adalah transparansi anggaran yang tidak dilakukan, mengandalkan laba perusahaan dan pelaksanaan program CSR rentan berhenti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility; Tanggung jawab sosial perusahaan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:15
Last Modified: 17 Sep 2024 01:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics