Peran PKK dalam pelestarian lingkungan melalui Bank Sampah Mawar Merah di Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang

Ardiansyah, Fajar (2023) Peran PKK dalam pelestarian lingkungan melalui Bank Sampah Mawar Merah di Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901046016_Fajar_Ardiansyah] Text (Skripsi_1901046016_Fajar_Ardiansyah)
Skripsi_1901046016_Fajar_Ardiansyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kerusakan lingkungan telah menjadi problem di seluruh dunia. Salah satu penyebab utama kerusakan lingkungan ialah disebabkan permasalahan sampah. Perwujudan implementasi pemberdayaan masyarakat yang terfokus pada pengelolahan sampah salah satunya bisa melalui organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau disingkat PKK. PKK merupakan sebuah wadah Organisasi yang terfokus pada pengembangan diri untuk kaum wanita Kelompok PKK Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang memberikan solusi pelestarian lingkungan melalui Program Bank Sampah Mawar Merah. Dampak dari hal tersebut yaitu sampah mulai berkurang seiring waktu dan juga lingkungan disekitar Bank Sampah Mawar Merah terlihat bersih dengan banyaknya karya-karya dari ibu-ibu PKK yang menarik dan kreatif. Dengan program bank sampah Mawar Merah diharapkan masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan alam sekitar mereka disamping satu sisi memberikam dampak perekonomian yang baik dengan melakukan segenap pemberdayaan melalui program tersebut.
Berikut adalah Rumusan masalah dari penelitian ini: (1) Bagaimana peran PKK dalam pelestarian lingkungan melalui bank sampah mawar merah, dan (2) Bagaimana hasil dari pelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah di bank sampah mawar merah. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang didapat adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran PKK dalam pelestarian lingkungan melalui bank sampah mawar merah sangatlah besar. Hal tersebut merujuk pada 2 (dua) peran yaitu peran pembinaan dan peran pendampingan. (2) Hasil dari pelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah di bank sampah mawar merah yaitu limbah sampah organik dengan produk pengurai tanah (kompos), lalu untuk limbah sampah anorganik ada yang di kumpulkan lalu dijual kembali dan juga ada yang dijadikan karya-karya yang bernilai jual. Selain itu mekanisme yang berlaku di bank sampah yaitu dengan memilah sampah, masyarakat langsung mendapatkan keuntungan ekonomi dan dapat diakses dengan beberapa program tabungan. Selain itu dampak pelestarian lingkungan dari keberadaan bank sampah mawar merah di analisis menjadi empat (4) aspek yaitu aspek kesehatan, ekonomi, agama, dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran PKK; Pelestarian Lingkungan; Bank sampah
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Sep 2024 10:35
Last Modified: 17 Sep 2024 10:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics