Pemberdayaan perempuan melalui pengolahan sampah anorganik oleh Bank Sampah Induk Kendal Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal

Herdianti, Luthfia Rahma (2023) Pemberdayaan perempuan melalui pengolahan sampah anorganik oleh Bank Sampah Induk Kendal Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901046062_Luthfia_Rahma_Herdianti] Text (Skripsi_1901046062_Luthfia_Rahma_Herdianti)
Skripsi_1901046062_Luthfia_Rahma_Herdianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan sampah sudah menjadi permasalahan yang serius tidak hanya Indonesia saja, bahkan di negara-negara maju telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Keberhasilan lingkungan dalam sector pengolahan sampah anorganik tentu melibatkan masyarakat didalamnya baik dalam proses pembangunan, pemberdayaan perempuan dan pengelolaan sampah anorganik. Salah satu bentuk pemberdayaan pemberdayaan perempuan melalui pengolahan sampah anorganik oleh Bank Sampah Induk Kendal Di Kelurahan langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal,maksud di dirikannya Bank Sampah Induk Kendal ialah mewujudkan masyarakat sadar dan peduli lingkungan yang bersih serta meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan mengidentifikasi hasil Pemberdayaan Perempuan Melalui Pengolahan Sampah Anorgani Oleh Bank Sampah Induk Kendal Di Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi, setelah itu peneliti menggunakan Teknik analisis data dengan Teknik Analisis Miles-Huberman seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pemberdayaan perempuan melalui pengolahan sampah anorganik oleh oleh Bank Sampah Induk Kendal sebagai berikut a) mengidentifikasi wilayah permasalahan dan potensi-potensinya b) menyusun rencana kegiatan kelompok berdasarkan hasil kajian menerapkan rencana kegiatan kelompok c) impelementasi rencana program d) memantau proses dan hasil secara parsitipatif. (2) Hasil dari pemberdayaan perempuan melalui pengolahan sampah anorganik oleh Bank Sampah Induk kendal diklasifikasikan pada beberapa aspek meningkatkan pendapatan perempuan, meningkatkan kreativitas perempuan dan meningkatkan kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan; Pengolahan Sampah Anorganik; Bank Sampah
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Sep 2024 09:48
Last Modified: 18 Sep 2024 09:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24074

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics