Upaya peningkatan kemampuan membaca huruf al-Qur’an dengan metode cooperative learning tipe group investigation pada siswa kelompok B RA Nurul Athfal Purworejo Temanggung tahun pelajaran 2010/2011

Sholekah, Sholekah (2011) Upaya peningkatan kemampuan membaca huruf al-Qur’an dengan metode cooperative learning tipe group investigation pada siswa kelompok B RA Nurul Athfal Purworejo Temanggung tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111262-.cover.pdf]
Preview
Text
093111262-.cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111262-BAB I oke.pdf]
Preview
Text
093111262-BAB I oke.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 093111262-BAB II oke.pdf]
Preview
Text
093111262-BAB II oke.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111262-BAB III oke.pdf]
Preview
Text
093111262-BAB III oke.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 093111262-BAB IV oke.pdf]
Preview
Text
093111262-BAB IV oke.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 093111262-BAB V oke.pdf]
Preview
Text
093111262-BAB V oke.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 093111262-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111262-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (564kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah penggunaan metode cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf al-Qur’an pada siswa kelompok B RA Nurul Athfal Purworejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan terhadap siswa usia diniumur 5 sampai 6 tahun. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B di RA Nurul Athfal Purworejo Temanggung Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca huruf al-Qur’an pada siswa kelompok B. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam tiga siklus. Prosedur / rancangan dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Keefektifan tindakan atau indikator pencapaian pada setiap siklus diukur dari hasil evaluasi tes lisan kemampuan membaca huruf al-Qur’an dan catatan observasi untuk menilai penggunaan metode dan aktivitas anak.
Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara itu data hasil tes evaluasi kemampuan membaca dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yaitu minimal 75% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai B dengan skor 3 atau lebih sebagai batas tuntas kemampuan membaca.
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus diperoleh hasil bahwa rerata hasil tes evaluasi terhadap kemampuan siswa membaca huruf al-Qur’an pada siklus I adalah 2.4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 36% atau sebanyak 9 siswa yang tuntas, siklus II adalah 2,72 dan tingkat ketuntasan klasikal 56% atau 14 anak yang sudah tuntas, dan siklus III adalah 3,09 dengan tingkat ketuntasan klasikal 80% atau 20 anak telah tuntas
Berdasarkan hasil kemampuan membaca tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan metode cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran membaca mampu mengatasi masalah rendahnya kemampuan anak dalam membaca huruf Al-Qur'an. Dengan metode ini pula, kemampuan membaca translit huruf Al-Qur'an yaitu huruf latin juga dapat dikembangkan. Hal ini terbukti dari hasil tahapan siklus yang memperlihatkan bahwa kemampuan membaca huruf Al-Qur'an siswa kelompok B di RA Nurul Athfal Purworejo mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur’an; Metode Pembelajaran; Cooperative Learning
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 05:38
Last Modified: 07 Jul 2014 05:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics