Pembelajaran PAI Berbasis ICT di SMK N 4 Semarang
RZ, Moh Zidny Ilman (2023) Pembelajaran PAI Berbasis ICT di SMK N 4 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903016178_Moh Zidny Ilman RZ_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran merupakan proses yang sangat penting dan aktual. Melalui pembelajaran, manusia akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola alam yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT. Sementara itu, saat ini teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang khususnya dalam dunia pendidikan. Menyikapi hal tersebut, maka proses pembelajaran di sekolah diharapkan menggunakan teknologi atau bisa disebut ICT (Information Communication Technology). ICT memiliki konsep yang luas yang terdiri dari beberapa bidang yang fokusnya adalah perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Salah satu sekolah yang telah mengimplementasikan ICT dalam pembelajaran yaitu SMKN 4 Semarang. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMK N 4 Semarang. Penelitan ini merupakan penelitan kualitatif lapangan dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data pada penelitan ini dilakukan dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Subjek penelitannya adalah guru PAI dan Peserta didik.
Hasil penelitan menunjukan bahwa pembelajaran PAI di SMK 4 N Semarang sudah berbasis ICT yaitu dengan adanya Fresto yang merupakan sebuah E-Learning perangkat lunak atau web yang bisa digunakan untuk mambuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran. Pembelajaran PAI di SMK N 4 Semarang bukan hanya menggunakan Fresto saja, tetapi juga menggunakan WhatsApp, Google Classroom, Google Meet, dan Zoom. Namun, setelah masa pandemi berakhir pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut mulai jarang digunakan karena sekolah sudah melakukan pembelajaran tatap muka. Akan tetapi, aplikasi-aplikasi tersebut bisa saja digunakan jika ada pembelajaran yang mengharuskan penggunaan aplikasi tersebut. Pembelajaran berbasis ICT juga memiliki dampak positif dan negatif dalam penggunaannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ICT; Pembelajaran PAI |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 08:30 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 08:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24085 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year