Implementasi model pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2021/2022

Suci, Garla Nurika (2023) Implementasi model pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096087_Garla_Nurika_Suci] Text (Skripsi_1603096087_Garla_Nurika_Suci)
Skripsi_1603096087_Garla_Nurika_Suci.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kondisi darurat pandemi covid-19 mengakibatkan pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan. Pemerintah Indonesia mengalihkan kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi pembelajaran daring. Oleh karena itu pada masa pandemi covid-19 ini siswa diminta belajar dirumah dengan menggunakan daring media sosial (online).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana implementasi model pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang?. Dari rumusan masalah tersebut. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi pembelajaran daring pada kelas IV dilaksanakan sesuai dengan keputusan pemerintah dengan memanfaatkan platform yang disediakan madrasah seperti google meet, google classroom, google form, dan lain sebagainya. Selain itu proses pembelajaran daring ini juga menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai alat komunikasi antara guru, siswa dan wali siswa. 2) hasil dari implementasi model pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang berjalan lancar meskipun terdapat beberapa kendala yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. 3) pada penelitian ini ditemukan juga beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat pada pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran daring; Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:41
Last Modified: 20 Sep 2024 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24093

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics