Penerapan metode takrir dalam meningkatkan kemampuan hafalan surah pendek peserta didik kelas V di MI Miftahus Sibyan Semarang

Marlaeni, Anis (2023) Penerapan metode takrir dalam meningkatkan kemampuan hafalan surah pendek peserta didik kelas V di MI Miftahus Sibyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096005_Anis_Marlaeni] Text (Skripsi_1803096005_Anis_Marlaeni)
Skripsi_1803096005_Anis_Marlaeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode takrir dalam meningkatkan kemampuan hafalan surah pendek siswa kelas V dan faktor pendukung serta faktor penghambatnya.Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Penerapan metode takrir dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an ada 3 tahapan: 1) Tahap perencanaan guru menyiapkan buku jurnal hafalan siswa, mengecek kelengkapan Juz Amma siswa, guru mengkondisikan siswa. 2) Tahap pelaksanaan, guru membacakan ayat secara nyaring dan berulang-ulang 3 sampai 4 kali, lalu siswa menirukannya. Setelah itu guru meminta siswa untuk maju membacakan kembali ayat tersebut secara berulang-ulang dan diikuti oleh teman sekelasnya. 3) Tahap evaluasi, mengingatkan kepada siswa untuk memperbaiki hafalan di rumah Guru memberitahu siswa dimana letak kesalahan bacaan. Lalu menutup kegiatan dengan bacaan hamdallah dan berdo’a bersama.
Faktor penghambat penerapan metode takrir adalah siswa merasa malas, siswa juga ada yang belum bisa lancar membaca Al-Quran, terdapat ayat yang sama kurangnya manajemen waktu. Faktor pendukung penerapan metode takrir adalah orang tua, guru, keistiqomahan, memanfaatkan banyaknya waktu luang untuk mengulang-ulang hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode takrir; Kemampuan hafalan; Surah pendek
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:28
Last Modified: 20 Sep 2024 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24100

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics