Pengaruh penggunaan pendekatan MIKIR berbantu media kantong bilangan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas II MI Unggulan Jabalul Khoir 2 Purwodadi
Khoiriyyah, Nurul (2024) Pengaruh penggunaan pendekatan MIKIR berbantu media kantong bilangan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas II MI Unggulan Jabalul Khoir 2 Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1803096071_Nurul_Khoiriyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan siswa dalam berhitung perkalian saat proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari pendekatan MIKiR dengan bantuan media kantong bilangan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 2 di MI Unggulan Jabalul Khoir 2 Purwodadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (Paired Sample t-test).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MI Unggulan Jabalul Khoir 2 Purwodadi, maka diperoleh data nilai rata-rata pretest adalah 61 dan nilai rata-rata posttest adalah 80. Perbedaan ini diperkuat oleh hasil uji t dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasil signifikansi pada kolom Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan MIKiR berbantu media kantong bilangan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 2 di MI Unggulan Jabalul Khoir 2 Purwodadi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Pendekatan MIKiR; Media pembelajaran; Kantong Bilangan; Kemampuan Kognitif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 09:43 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 09:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24102 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year