Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III MI Baitul Huda Semarang
Al Fitri, Salsa Bela (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III MI Baitul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096001_Salsa_Bela_Al_Fitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Model pembelajaran scramble adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa terutama pada mata pelajaran akidah akhlak materi surga dan neraka. Pada model pembelajaran ini terdapat materi dari nama-nama surga dan neraka yang dapat membantu siswa dalam mengingat dan memahami materi. Penelitian ini dimaksud untuk menjawab permasalahan seberapa besar pengaruh model pembelajaran scramble terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi surga dan neraka kelas III MI Baitul Huda Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan one-group pretest-posttest Design atau menggunakan satu kelas dengan uji pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dalam penerapan model pembelajaran tipe scramble dengan perhiyungan uji-t. diperoleh thitung sebesar -15.755 dikonsultasikan dengan ttabel sebesar 2.086 Karena thitung > ttabel maka H1 diterima.hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble meningkat. Selaras dengan pengujian korelasi pearson product moment sebesar 0,035 < 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak dengan koefisien determinasi sebesar 0,473 yang artinya penggunaan model pembelajaran scramble memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman belajar siswa dari pada dengan menggunakan pembelajaran konvensinal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran Scramble; Pemahaman belajar; Akidah akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 01:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 01:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24104 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year