Analisis pola asuh orang tua tiger parenting bagi keberhasilan belajar Al Qur’an pada anak TPQ Asy-Syifa Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati tahun 2023
Sifa, Khilyatus (2023) Analisis pola asuh orang tua tiger parenting bagi keberhasilan belajar Al Qur’an pada anak TPQ Asy-Syifa Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati tahun 2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096047_Khilyatus_Sifa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya orang tua yang menggunakan pola asuh tiger parenting terhadap anaknya dalam mendidik anak membaca Al-Qur’an di TPQ Asy-Syifa Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola asuh orang tua tiger parenting bagi keberhasilan belajar Al-Qur’an pada TPQ Asy-Syifa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Data di peroleh dengan menggunakan metode metode wawancara, obesrvasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua tiger parenting berupaya sebaik mungkin untuk mendisiplikan anak-anaknya untuk belajar membaca Al-Qur’an. Orang tua tiger parenting yang terkenal keras dan ketat, menjadikan anak cenderung lebih disiplin, bertanggung jawab, dan semangat belajar membaca Al-Qur’an. Penerapan tiger parenting juga berdampak negatif, karena anak selalu merasa takut, ingin selalu terlihat menonjol, suka menyendiri, dan sedikit teman. Namun, tingkat keberhasilan pola asuh tiger parenting menjadikan anak lancar membaca Al-Qur’an, karena ada bimbingan untuk selalu menghafal hijaiyah, mengetahui harakat, tajwid, tartil, dan memahami tanda mad.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh; Tiger Parenting; Keberhasilan Belajar; Belajar Al-Qur'an |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:40 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24114 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year