Perbandingan kemandirian dan kecerdasan emosional antara siswa madrasah berbasis pondok pesantren (MI TQ Al-Asror) dan siswa madrasah non pondok pesantren (MI Baitul Huda)
Alfiani, Risma (2023) Perbandingan kemandirian dan kecerdasan emosional antara siswa madrasah berbasis pondok pesantren (MI TQ Al-Asror) dan siswa madrasah non pondok pesantren (MI Baitul Huda). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096089_Risma_Alfiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Di Indonsia terdapat banyak macam madrasah, yang paling umum dijumpai adalah madrasah. Madrasah sendiri terdapat jenis madrasah basis pondok pesantren dan non pondok pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan menguji tingkat kemandirian dan kecerdasan emosional siswa dikedua madrasah tersebut, dengan menggunakan metode komparasi kuantitatif dan uji independent t-test. Populasi terdiri dari 45 siswa kelas III MI Baitul Huda (non pondok pesantren) dan 25 siswa kelas III MI Takhfidzul Qur’an Al-Asror (pondok pesantren).
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemandirian dan kecerdasan emosional siswa madrasah berbasis pondok pesantren adalah 36,72 dan 40,16 dengan standar deviasi masing-masing 5,079 dan 5,096. Sedangkan hasil perhitungan madrasah non pondok pesantren adalah 35,98 dan 39,33 dengan standar deviasi 5,268 dan 5,958. Uji independnt t-test menunjukkan hasl signifkansi 2-tailed untuk kemandirian dan kecerdasan emosional masing-masing sebesar 0,569 dan 0,561 yang lebih besar dari nilai t-tabel (0,05). Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua sampel. Namun, terdapat selisih yang sedikit lebih tinggi pada madrasah berbasis pondok pesantren, yaitu sekitar 0,74 dan 0,83.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian; Kecerdasan Emosional; Madrasah Berbasis pondok Pesantren; Madrasah Non Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:24 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24121 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year