Pengaruh metode mind mapping terhadap daya ingat siswa materi nilai-nilai Pancasila kelas IV di MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2023/2024
Nuha, Almira Widya Hasna (2023) Pengaruh metode mind mapping terhadap daya ingat siswa materi nilai-nilai Pancasila kelas IV di MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096110_Almira_Widya_Hasna_Nuha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Pancasila sebagai suatu sistem filsafat, memiliki dasar ontologis, dasar epistemologis dan dasar aksiologis. Ketiga dasar tersebutlah yang membedakannya dengan sistem filsafat lain. Siswa harus memahami betul nilai yang terkandung dalam pancasila, sedangkan siswa kelas IV di MI Taufiqiyah masih kesulitan dalam mengingat materi nilai- nilai pancasila.
Penggunaan metode yang sesuai dengan pembelajaran akan mempermudah siswa memahami materi. Mind mapping memiliki potensi kemampuan dan meningkatkan potensi dalam mengingat. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh metode mind mapping tehadap daya ingat siswa. Metode yang digunakan kuantitatif quasi exsperimental design dengan uji T-test. Populasi terdiri dari 51 siswa dari kelas IV DI MI Taufiqiyah.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata- rata post test siswa adalah 8,83 untuk kelas eksperimen dan 8,14 untuk kelas kontrol. Uji independent t-test menunjukkan hasil thitung sebesar 3,415 dan ttabel sebesar 1,677 pada df 49 dimana hasil dari thitung lebih besar dari pada ttabel. Hasil perhitungan dapat disimpulkan terdapat pengaruh sebesar 68% dari sebelum dan sesudah penggunaan metode mind mapping artinya Ha diterima dan HO ditolak. Artinya terdapat pengaruh dari metode mind mapping terhadap daya ingat siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Mind mapping; Daya ingat; Pancasila |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 05:51 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 09:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24127 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year