Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat di kelas 5 MI Al-Maftuhah Karang Tengah Demak tahun pelajaran 2023/2024
Rahmawati, Ayyu (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat di kelas 5 MI Al-Maftuhah Karang Tengah Demak tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096111_Ayyu_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat di kelas 5 MI Al-Maftuhah.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa pretest-postest. Responden dalam penelitian ini adalah melibatkan seluruh kelas 5 MI Al-Maftuhah Karang Tengah Demak yang berjumlah 30 siswa, Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil postest adalah 81,35, nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil pretest adalah 64,34 yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil hasil belajar siswa tentang hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 08:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 09:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24128 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year