Pengembangan bahan ajar fikih berbasis flipbook pada materi salat fardu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II di MI Mirfa’ul Ulum Kota Semarang

Maharani, Astri Indah (2024) Pengembangan bahan ajar fikih berbasis flipbook pada materi salat fardu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II di MI Mirfa’ul Ulum Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096029_Astri_Indah_Maharani] Text (Skripsi_2003096029_Astri_Indah_Maharani)
Skripsi_2003096029_Astri_Indah_Maharani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan dan mengetahui bentuk pengembangan dari bahan ajar fikih berbasis flipbook pada materi salat fardu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mengetahui kelayakan dari bahan ajar fikih berbasis flipbook pada materi salat fardu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan bahan ajar fikih berbasis flipbook pada materi salat fardu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini mengikuti pendekatan research and development (R&D) dengan merujuk pada model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian pengembangan ini yaitu: 1) Bentuk pengembangan bahan ajar berbasis flipbook ini didesain dengan menambahkan lagu, audio, video, dan gambar yang menarik dan sesuai dengan materi salat fardu. 2) Hasil validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis flipbook ini sangat layak, dengan persentase validasi yang sangat tinggi. Persentase validasi ahli media sebesar 88,3%, ahli materi sebesar 98,3%, dan ahli pembelajaran mencapai 100%. 3) Hasil uji lapangan dengan menggunakan angket pada peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap bahan ajar tersebut, dengan persentase 94,6% yang termasuk dalam kategori sangat termotivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Media pembelajaran; Flipbook; Fikih; Salat Fardu; Motivasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:51
Last Modified: 03 Oct 2024 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics