Pengalaman guru kelas dalam menggunakan permainan di sekolah dasar

Khafidzoh, Sulis Nurul (2024) Pengalaman guru kelas dalam menggunakan permainan di sekolah dasar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096064_Sulis_Nurul_Khafidzoh] Text (Skripsi_2003096064_Sulis_Nurul_Khafidzoh)
Skripsi_2003096064_Sulis_Nurul_Khafidzoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman guru kelas Sekolah Dasar dalam menggunakan permainan. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti menggunakan wawancara dan angket untuk mengumpulkan data. Selanjutnya, data diuji keabsahannya melalui triangulasi dan dianalisis dengan model Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas guru telah sering menggunakan permainan konvensional seperti tebak kata, snowball Throwing, dan tebak gambar. Akan tetapi, guru masih jarang menggunakan permainan digital di dalam proses pembelajaran. Permainan digital yang pernah digunakan oleh guru adalah Wordwall, Game Powerpoint, dan Spinner Wheell. Guru mempersepsikan bahwa permainan bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar, mendukung pembelajaran yang bervariasi, mendorong kolaborasi, kreativitas, dan inovasi. Kendala utama guru dalam menggunakan permainan meliputi kesulitan mengondisikan peserta didik, ketidakpahaman peserta didik dengan alur permainan, dan kesulitan memilih materi yang cocok untuk diterapkan dalam permainan.
Faktor pendukung penggunaan permainan dalam pembelajaran meliputi sarana yang memadai, antusias belajar peserta didik, dan dukungan sekolah. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari sekolah, terbatasnya alat permainan yang digunakan, dan ruang kelas yang kurang mendukung penggunaan permainan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengalaman guru; Permainan; Fasilitas; Sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:06
Last Modified: 03 Oct 2024 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24136

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics