Minat mendaftar haji dosen pegawai negeri sipil Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo Semarang

Sa'adah, Putri 'Amilatus (0030) Minat mendaftar haji dosen pegawai negeri sipil Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1901056039_Putri_'Amilatus_Sa'adah] Text (Skripsi_1901056039_Putri_'Amilatus_Sa'adah)
Skripsi_1901056039_Putri_'Amilatus_Sa'adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya dosen PNS Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) dan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) yang belum berhaji padahal jika ditinjau dosen PNS dengan gaji tetap memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dosen lainnya. Selain itu, FDK dan FUHUM memiliki kesamaan yang dilandaskan pada kajian agama Islam yang sifatnya lebih universal dibandingkan dengan fakultas lain yang ada di UIN Walisongo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat mendaftar haji dosen PNS FDK dan FUHUM UIN Walisongo Semarang. Guna mendapatkan data, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner yang didukung dengan wawancara menggunakan teknik snowball. Penelitian ini dilakukan pada dosen PNS FDK dan FUHUM UIN Walisongo Semarang. Metode analisis yang digunakan yakni metode Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosen PNS FDK dan FUHUM UIN Walisongo memiliki minat mendaftar haji yang tinggi ini diketahui berdasarkan penanda atau indikator adanya minat yang terdiri dari adanya perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan kemauan untuk mendaftar haji. Adapun minat mendaftar haji dosen PNS FDK dan FUHUM dilatar belakangi oleh faktor ekonomi, faktor waitimg list, faktor keagamaan, dan sosial lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat Mendaftar Haji; Dosen PNS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Oct 2024 01:47
Last Modified: 05 Oct 2024 01:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24156

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics