Pengaruh motivasi menghafal Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an siswa jurusan sains tahfidz di MAN 2 Kudus
Ghazali, Dhani Muhammad (2024) Pengaruh motivasi menghafal Al-Qur’an terhadap hafalan Al-Qur’an siswa jurusan sains tahfidz di MAN 2 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2003016087_Dhani Muhammad Ghazali_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Motivasi memiliki peran sangat penting dalam kaitannya dengan minat menghafal al-Quran. Pasalnya, motivasi berkaitan dengan faktor psikologis atau kejiwaan, di mana ia selalu ada dalam setiap melakukan suatu perbuatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi menghafal al-Qur’an terhadap hafalan al-Qur’an siswa Jurusan Sains Tahfidz MAN 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field re search) dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data diolah menggunakan bantuan program SPSS 25.0. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh motivasi menghafal al-Qur’an terhadap hafalan al-Qur’an siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana, yang mana t hitung = 0.364 < t tabel = 2.00. Adapun berdasarkan perhitungan uji f, diketahui nilai signifikansi 0.739 > 4.03, sehingga tidak terdapat pengaruh motivasi menghafal al-Qur’an terhadap hafalan al-Qur’an siswa. Adapun nilai koefisien determinasi (r-square) sebesar 0,002 yang berarti pengaruh motivasi menghafal al-Qur’an terhadap hafalan al-Qur’an siswa hanya sebesar 0.2%, dan selebihnya 99.8 % dipegaruhi oleh faktor lain. Pada dasarnya dalam menghafal al-Qur’an yang paling berpengaruh adalah kecerdasan, semakin tinggi IQ seseorang akan semakin memudahkan dalam menghafal al-Qur’an, yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas hafalanya. Disamping itu, kemampuan membaca al-Qur’an yang baik dan intensitas muroja’ah yang tinggi juga berpengaruh terhadap kualitas hafalan seseorang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi; Hafalan Al-Qur’an; Tahfidz |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24169 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year