Implementasi metode daur kitab dalam mendalami materi fiqih di Ponpes Al-Itqon Semarang

Pranoto, Ahmad Hadi (2023) Implementasi metode daur kitab dalam mendalami materi fiqih di Ponpes Al-Itqon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003016099_Ahmad Hadi Pranoto_Lengkap] Text (Skripsi_2003016099_Ahmad Hadi Pranoto_Lengkap)
Skripsi_2003016099_Ahmad Hadi Pranoto_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu ciri khas pesantren ada pada sistem pembelajaranya yakni sorogan kitab klasik atau yang sering disebut kitab kuning. Dan hal ini adalah sebuah tradisi khas pesantren dan dirasa perlu dipertahankan. Tradisi Kajian kitab kuning ini juga diterapkan oleh Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang. Dengan memunculkan model pembelajaran daur kitab Fiqih. Sebab, dalam kajian daur kitab rujukan untuk mencari solusi dan jawaban atas problematika fiqih yang berkembang mengikuti zaman yang menjadi kajian harus merujuk pada kitab-kitab yang telah di standarisasi oleh para ulama sebagai kitab baku, yang sebagian besar berupa kitab kuning.
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran daur kitab fiqih di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara (Pengasuh, Pengurus, dan Santri), observasi (tempat penelitian, pelaksanaan, dan data kegiatan), dan dokumentasi (data dan gambar). Menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan menggunakan metode analisis data deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran daur dalam memahami kitab fiqih yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Itqon Semarang merupakan model pembelajaran yang memang menarik untuk diangkat karena daur adalah hal yang baru maka, pada implementasinya berisikan tentang pengertian, tujuan, pelaksanaan, dan keunggulan dari model pembelajaran daur kitab fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode daur kitab; Fiqih; Tradisi kajian; Kitab kuning
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:17
Last Modified: 07 Oct 2024 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24172

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics