Bimbingan agama Islam dalam membentuk perilaku tawadhu anak di panti asuhan Al-Ikhsaniyah Semarang

Pratama, Rina (2023) Bimbingan agama Islam dalam membentuk perilaku tawadhu anak di panti asuhan Al-Ikhsaniyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1901016062_Rina Pratama_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1901016062_Rina Pratama_Skripsi Lengkap.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan agama Islam adalah salah satu bentuk upaya dalam memberikan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, mengetahui ajaran keagamaan serta nilai-nilai agama. Dilatarbelakangi oleh kondisi anak yatim piatu dengan perilaku tawadhu yang rendah seperti suka berkata kasar, tidak sopan, suka saling mengejek, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perilaku tawadhu anak sebelum dan setelah mendapatkan bimbingan agama Islam di Panti Asuhan Al-Ikhsaniyah Semarang, 2) pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam membentuk perilaku tawadhu anak di Panti Asuhan Al-Ikhsaniyah Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan feneomenologi. Penelitian ini meggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer (pengasuh, pembimbing, 5 anak asuh) dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data dan dianalisis dengan beberapa tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, perilaku tawadhu anak asuh sebelum mengikuti bimbingan agama Islam dapat terlihat dari beberapa indikator yaitu tawadhu kepada Allah SWT (bercanda, mengantuk saat berdzikir), tawadhu kepada ustadz, (membantah perintah ustadz, tidak sopan kepada ustadz) dan tawadhu kepada teman (berkata kasar, mengambil barang teman, saling mengejek). Adanya bimbingan agama Islam dapat membentuk perilaku tawadhu anak asuh terlihat dari adanya perubahan perilaku dari beberapa indikator yaitu tawadhu kepada Allah SWT(fokus ketika sedang berdzikir, tidak bercanda antar teman), tawadhu kepada ustadz( menjalankan perintah ustadz, sopan kepada ustadz), dan tawadhu kepada teman (berkata yang lembut, jujur dan membaur sesama teman). Kedua, pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam membentuk perilaku tawadhu berjalan dengan semestinya. Waktu pelaksanaanya dilakukan rutin setiap hari. Bimbingan agama yang dilaksanakan secara langsung secara bekelompok dan individu. Dalam penyampaian materi, pembimbing menggunakan metode bil-hikmah, mauidzah hasanah, dan mujadalah. Materi yang disampaikan yaitu tentang akidah (rukun iman), syariah (ibadah seperti sholat wajib (mulai dari bacaan-bacaan sholat, gerakan sholat) dan akhlak (memberikan contoh akhlak terpuji dan akhlak tercela).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah; Konseling; Bimbingan Islam; Perilaku Terpuji; Akhlakul Karimah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:53
Last Modified: 07 Oct 2024 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24176

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics