Analisis nilai karakter buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi 2018

Suryono, Suyati Miftahul Jannah (2023) Analisis nilai karakter buku siswa kelas III tema 4 kewajiban dan hakku edisi revisi 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096080_Suyati_Miftahul_Jannah_Suryono] Text (Skripsi_1803096080_Suyati_Miftahul_Jannah_Suryono)
Skripsi_1603096099_Syarifah_Muda'im.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan nilai karakter dan presentase nilai karakter yang terdapat dalam Buku Siswa Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi 2018.
Penilitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang bermaksud meneliti bahan-bahan kepustakaan atau literature yang berkaitan dengan masalah penelitian. Fokus penelitian ini adalah nilai karakter yang ada di dalam Buku Siswa Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi 2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analitis. Fokus analisis data menggunakan analisis isi, dalam hal ini menyajikan isi nilai karakter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai karakter Buku Siswa Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi 2018 terdiri atas religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah (2) Presentase nilai karakter yang terdapat dalam Buku Siswa Kelas III Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi 2018 antara lain religius 5,3%, jujur 3,2%, disiplin 8,2%, tanggung jawab 19,1%, santun 5%, peduli 22%, percaya diri 37,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai karakter; Pendidikan karakter; Buku ajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:34
Last Modified: 07 Oct 2024 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics