Implementasi karakter cinta tanah air melalui pembelajaran PPKN sesuai dengan profil pelajar Pancasila pada siswa kelas V MI Ma’arif 2 Tlogopucang Kandangan Temanggung
Firmansyah, Roy (2023) Implementasi karakter cinta tanah air melalui pembelajaran PPKN sesuai dengan profil pelajar Pancasila pada siswa kelas V MI Ma’arif 2 Tlogopucang Kandangan Temanggung. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5 (2). ISSN 2656-4548 (print); 2656-4491 (online)
Skripsi_1903096048_Roy_Firmansyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengukur kualitas karakter peserta didik MI Ma’arif 2 Tlogopucang dalam aspek karakter cinta tanah air. Penelitian ini memiliki latar belakang, dimana siswa masih banyak yang belum mampu mencapai indikator ketuntasan dalam mata pelajaran terpadu PPKN. Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunkan metode penlitian kualitatif deskriptif yang digabungkan dengan pendektan peneitian dalam kelas (PTK) yang diperoleh dari beragam observasi, studi berkas, dan wawancara. Hasilnya didalam penelitian ini bahwa terdapat beberapa siswa belum mampu untuk mencapai tatanan karakter, terutamanya dalam profil pelajar pancasila. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah karena dua peserta didik tersebut termasuk anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter; Cinta tanah air; PPKN |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:26 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24191 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year