Efektivitas penggunaan media kartu huruf dengan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 1

Hayati, Safira Noor (2023) Efektivitas penggunaan media kartu huruf dengan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 1. ELSE (Elementary School Education Journal), 8 (1). ISSN 2581-1800 (print); 2597-4122 (online)

[thumbnail of Skripsi_1903096100_Safira_Noor_Hayati] Text (Skripsi_1903096100_Safira_Noor_Hayati)
Skripsi_1903096100_Safira_Noor_Hayati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan menggunakan kartu huruf terhadap peningkatan pemahaman materi setelah terampil membaca pada siswa MI Tarbiyatul Khairat Semarang terhadap materi peristiwa siang dan malam. Latar belakang penelitian berfokus pada rendahnya keterampilan membaca siswa kelas satu sekolah dasar, serta kurangnya minat, dan metode pembelajaran yang monoton menjadi penyebab siswa kesulitan memahami materi bacaan. Oleh karena itu, penelitian ini memanfaatkan kartu huruf sebagai media untuk meningkatkan keterampilan sebagai upaya peningkatan pemahaman terhadap materi bacaan siswa. Rancangan penelitian menggunakan true experimental design berbentuk pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Pengambilan sampel dilaksanakan di MI Tarbiyatul Khairat Semarang dengan sampel 28 siswa dari dua kelas. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match dengan kartu huruf dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bacaan yang diberikan secara signifikan. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan skor pemahaman sebesar 50% dan tingkat peningkatan yang sedang, sedangkan kelompok kontrol hanya menunjukkan peningkatan sebesar 12%. Hasil ini menunjukkan keefektifan model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya penerapan metode pengajaran yang inovatif, seperti model pembelajaran make-a match dengan menggunakan kartu huruf, agar siswa terlibat secara aktif dan meningkatkan pemahaman bacaan mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Media pembelajaran; Kartu huruf; Make a match; Metode pengajaran; Pemahaman Membaca; RTE
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:33
Last Modified: 07 Oct 2024 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24201

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics