Penerapan budaya pesantren dalam membentuk akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren al-Itqon Tlogosari Semarang

Warosah, Romaya Hanik (2023) Penerapan budaya pesantren dalam membentuk akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren al-Itqon Tlogosari Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901036144_ROMAYA_HANIK_W] Text (SKRIPSI_1901036144_ROMAYA_HANIK_W)
1901036144_Romaya Hanik Warosah_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Romaya Hanik Warosah (1901036144) dengan skripsi yang berjudul: ”Penerapan Budaya Pesantren Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Santri Di Pondok Pesantren Al-Itqon Tlogosari Semarang”, Manajemen Dakwah. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Tahun 2023.
Pondok Pesantren Al-Itqon Tlogosari Semarang merupakan pesantren yang bercita-cita untuk membentuk santri berakhlakul karimah, membentuk santri berkarakter ahlussunnah waljamaah, dan bertindak sesuai mabadi’ul khaira ummah dalam kehidupan sehari-hari melalui pendidikan dan penerapan budaya pesantren. Dengan adanya penerapan budaya pesantren santri menjadi lebih terkontrol dalam bertutur kata dan bersikap sesuai ajaran Rasulullah, akan tetapi dengan adanya tata tertib yang diberlakukan di pondok pesantren Al-Itqon maka tidak sedikit santri yang melakukan pelanggaran, oleh sebab itu dapat menimbulkan perilaku yang tidak sesuai dengan akhlakul karimah santri.
Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui budaya pesantren di pondok pesantren Al-Itqon Tlogosari Semarang, 2) untuk mengetahui penerapan budaya pesantren dalam membentuk akhlakul karimah santri di pondok pesantren Al-Itqon Tlogosari Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menggunakan pendekatan studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Hubarman yang terdiri dari reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menggunakan uji keabasahan data teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, budaya pesantren yang diterapkan di pondok pesantren berupa nilai kesederhanaan, nilai hubungan antara kiai dan santri, nilai persahabatan, dan nilai kedisiplinan. Penerapan budaya pesantren di pondok pesantren Al-Itqon sudah menjadi kebiasaaan dan diterapkan dalam kegiatan sehari-hari santri. Penerapan budaya pesantren memiliki tujuan yang positif untuk membentuk akhlakul karimah santri, hal tersebut dapat dilihat dari adanya penerapan budaya pesantren yang diterapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya Pesantren; Akhlakul Karimah; Santri; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:54
Last Modified: 07 Oct 2024 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24204

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics