Analisis kepuasan pengunjung berdasarkan kualitas pelayanan pada objek wisata religi makam Syekh Ahmad Badawi Ketanggungan Brebes

Khoerotunnisa, Iis (2023) Analisis kepuasan pengunjung berdasarkan kualitas pelayanan pada objek wisata religi makam Syekh Ahmad Badawi Ketanggungan Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901036148_IIS_KHOEROTUNNISA] Text (SKRIPSI_1901036148_IIS_KHOEROTUNNISA)
1901036148_iis_Khoeortunnisa_Skripsi_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Iis Khoerotunnisa, NIM: 1901036148, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan judul “Analisis Kepuasan Pengunjung Berdasarkan Kualitas Pelayanan pada Objek Wisata Religi Makam Syekh Ahmad Badawi Ketanggungan Brebes”
Dari adanya permasalahan yang ada di Makam Syekh Ahmad Badawi Ketanggungan Brebes tentang kualitas pelayanannya yang kurang disini juga terdapat beberapa permasalahan dari sisi masyrakat sekitar yang mana respon masyarakat sekitar juga sangat kurang terhadap Makam Syekh Ahmad Badawi dan bahkan bukan hanya respon masyrakatnya saja yang kurang respon Dinas Pariwisata Brebes juga sangat kurang, awalnya dinas pariwisata akan memberikan dana per enam bulan sekali untuk kelanjutan dan perkembangan wisata religi di Makam Syekh Ahmad Badawi ketanggungan Brebes. akan tetapi Dinas Pariwisata hanya memberikan satu kali dana untuk perkembangan makam, sampai sekarang dana tersebut tidak keluar dari Dinas Pariwisata Brebes untuk Makam Syekh Ahmad Badawi. bahkan untuk merenpoasi makam saja dana tersebut di keluarkan oleh pihak keluar beliau sendiri tanpa ada capur tanganya dari pemerintah dan warga sekitar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan juga faktor apa saja yang dapat menjadikan pengunjung merasa puas ketika berkunjung ke makam. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Makam Syekh Ahmad Badawi Ketanggungan Brebes dan jumlah sampel yang didapatkan menggunakan rumus Lemeshow sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif survei dan analisisnya menggunakan Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung terhapad objek wisata religi Makam Syekh Ahmad Badawi Ketanggungan Brebes kurang baik/kurang puas. Sedangkan untuk faktor yang dapat memberikan kepuasan pengunjung itu terdapat pada prioritas utama antara lain yang sangat diprioritaskan adalah dari segi fasilitas, kamar mandi dan pemberian informasi yang jelas, yang mana pada prioritas utama pengunjung sangat menginginkan faktor tersebut untuk ditingkatkan, karena ketika faktor tersebut baik maka pengunjung juga akan merasa puas ketika berkunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan; Kualitas Pelayanan; Tangibles; Reliability; Responsiveness; Assurance; Empathy, Importance Performance Analysis; Wisata Religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:09
Last Modified: 07 Oct 2024 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24205

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics