Penerapan pembelajaran metode index card match bagi peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah (studi tindakan pada kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati tahun pelajaran 2010/2011)
Mahmudi, Ali (2011) Penerapan pembelajaran metode index card match bagi peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah (studi tindakan pada kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati tahun pelajaran 2010/2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111287-cober.pdf - Accepted Version
Download (495kB) | Preview
093111287-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
093111287-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (134kB) | Preview
093111287-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (47kB) | Preview
093111287-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
093111287-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
093111287-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Pembelajaran Metode Index Card Match bagi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Materi Pokok Beriman Kepada Malaikat-Malaikat Allah (studi tindakan pada kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2010/2011). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati sebelum metode index card match? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati sesudah metode index card match? 3) Sejauh mana metode index card match bisa meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati?. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati sebelum metode index card match dilakukan dengan menggunakan metode konvensional yaitu dengan ceramah dan tanya jawab serta pemberian kuis. 2) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati sesudah metode index card match dilakukan dengan mengajak siswa bermain kartu dengan memilih kartu dan mencari pasangan yang mempunyai kecocokan jawaban dan mempertanggungjawabkannya kepada teman lain, metode ini juga diperkaya dengan menggunakan metode diskusi pasangan dan bernyanyi. 3) Metode index card match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati dapat dilihat hasil kuis siswa yaitu sebelum menggunakan metode index card match yaitu pada pra siklus hasilnya yang tuntas hanya 15 siswa atau 62%, sedangkan setelah menggunakan metode index card match yaitu pada siklus I menjadi 18 siswa atau 76%, dan setelah dilakukan refleksi yaitu pada siklus II telah mencapai 22 siswa atau 92%, ini berarti tindakan yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak materi pokok beriman kepada malaikat-malaikat Allah kelas III MI Raudlatus Syubban Kincir Wegil Sukolilo Pati dengan menggunakan metode index card match telah tercapai sesuai indikator yang diinginkan yaitu rata-rata nilai hasil kuis sesuai KKM yaitu 70. Dan rata siswa yang mendapatkan nilai tersebut adalah 80%. Ini menunjukkan hasil belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Index card Match; Iman kepada Malaikat; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 05:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 05:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2422 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year