Manajemen pembelajaran agama islam pada komunitas belajar Qaryah Thayyibah di kota Salatiga

Muhtar, Muhammad Syaiful (2023) Manajemen pembelajaran agama islam pada komunitas belajar Qaryah Thayyibah di kota Salatiga. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_2003038013_MUHAMMAD_SYAIFUL_MUHTAR] Text (TESIS_2003038013_MUHAMMAD_SYAIFUL_MUHTAR)
2003038017_Muhammad Syaiful Muhtar_Full Tesis - M S Muhtar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang monoton dan terlalu didominasi oleh guru dapat menyebabkan peserta didik merasa bosan dan memiliki minat belajar yang rendah di sekolah. Maka dari itu diperlukan manajemen pembelajaran yang mampu memberikan implikasi positif terhadap peserta didik pada setiap kegiatan pembelajaran agama Islam yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini disusun untuk menjawab fenomena yang ada dengan meliputi dua pertanyaan yaitu (1) Bagaimana Manajemen Pembelajaran Agama Islam pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di Kota Salatiga? dan (2) Bagamaina Implikasi Manajemen Pembelajaran di KBQT terhadap Peserta Didik dalam Pembelajaran Agama Islam.?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dimana data penelitian bersumber dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa KBQT Salatiga menerapkan manajemen pembelajaran agama Islam berbaasis yang mencakup tiga kegiatan pembelajaran yaitu Al Qur’an Hadist, Sejarah Islam dan Fiqih. Manajemen pembelajaran agama Islam berbasis kebutuhan tersebut mencakup kegiatan untuk merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiataan pembelajaran agama Islam dengan kesepakatan bersama antara guru pendamping dan peserta didik.
Manajemen pembelajaran agama Islam berbasis kebutuhan pada KBQT mengasilkan implikasi yang meliputi (1) ketertarikan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran (2) aktif terlibat dalam pengelolaan pembelajaran dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, (3) menumbuhkan perhatian atau konsentrasi peserta didik dalam proses pembelajaran Sejarah Islam, Al Qur’an Hadist dan Fiqih.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Agama Islam; Komunitas belajar Qaryah Thayyibah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:51
Last Modified: 09 Oct 2024 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24314

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics