Manajemen pelayanan sosial kesehatan melalui program ambulans gratis di LAZISMU Kabupaten Tegal
Azmi, Khalifia Nahdhiatul (2023) Manajemen pelayanan sosial kesehatan melalui program ambulans gratis di LAZISMU Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1901036052_Khalifia Nahdhiatul Azmi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Khalifia Nahdhiatul Azmi (1901036052). Manajemen pelayanan sosial kesehatan melalui program ambulans gratis di LAZISMU Kabupaten Tegal
LAZISMU Kabupaten Tegal merupakan salah satu bentuk amal usaha Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang sosial dan kesehatan di lingkungan Kabupten Tegal. Sekretariat LAZISMU Kabupaten Tegal berada di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jln. Ahmad Yani KM 02 Kelurahan Procot, Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.
Pelayanan Program Ambulans Gratis LAZISMU Kabupaten Tegal berupa pengantar-jemputan kepada masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit karena kendala ekonomi. Masyarakat Kabupaten Tegal berkisar 25-40 orang terlayani secara gratis dalam setiap bulannya. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan manajemen pelayanan sosial Kesehatan melalui Program Ambulans Gratis di LAZISMU Kabupaten Tegal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaiamana kegiatan sosial Kesehatan melalui Program Ambulans Gratis di LAZISMU Kabupaten Tegal? (2) Bagaimana manajemen pelayanan sosial Kesehatan melalui Program Ambulans Gratis?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Data yang menjadi sumber data adalah LAZISMU Kabupaten Tegal. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Kegiatan Program Ambulans Gratis ini mampu memberikan solusi bagi masyarakat Kabupaten Tegal yang membutuhkan layanan jasa pengantar-jemputan ke rumah sakit. Hal tersebut dikarenakan mudahnya informasi yang mereka dapat melalui media cetak maupun elektronik. Pelayanan petugas yang terkait dengan kebutuhan sesuai dengan prioritas dapat teratasi dengan baik sehingga terjalin keharmonisan antara pengguna jasa dengan petugas administrasi dan driver dapat bersinergi.
Asas dan prinsip, serta standar pelayanan Program Ambulans Gratis ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Pelayanan Program Ambulans Gratis ini terbuka untuk semua warga khususnya kabupaten Tegal yang membutuhkan tanpa memandang latar belakang suku, ras maupun budaya. Pelayanan ini memudahkan masyarakat yang membutuhkan jasa pengantar-jemputan ke rumah sakit yang dituju. Pelaksanaan pelayanan ini disesuaikan dengan waktu pengajuan permohonan pengguna jasa ambulans dengan kesepakatan kedua belah pihak. Pelayanan ini memiliki fasilitas sesuai dengan harapan pengguna jasa ambulans demi terciptanya kenyamanan. Driver siap selalu 24 jam .
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pelayanan; Ambulans gratis; LAZISMU |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 05:59 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24386 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year