Pengaruh kualitas informasi, kualitas produk dan harga terhadap perilaku konsumtif saat belanja online

Alziqri JH, Vikky (2023) Pengaruh kualitas informasi, kualitas produk dan harga terhadap perilaku konsumtif saat belanja online. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026162_Vikky_Alziqri_JH] Text (Skripsi_1905026162_Vikky_Alziqri_JH)
1905026162_Vikky Alziqri JH_Lengkap Tugas Akhir - Vikky Alziqri JH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi saat ini sangat mempengaruhi terhadap pola konsumsi konsumen. Salah satunya adalah perubahan pola konsumsi diakibatkan dengan adanya jual beli secara online dengan adanya fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan menyebabkan terjadinya pembelian secara berlebihan dan mengarah pada perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif juga terjadi pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas informasi, kualitas produk dan harga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa. Populasi yang digunakan yaitu seluruh mahasiswa yang masih aktif di FEBI UIN Walisongo karena peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai pola konsumsi mereka yang menyebabkan perilaku konsumtif. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 96 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel kualitas produk yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Walisongo, sedangkan variabel kualitas informasi dan harga tidak berpegaruh terhadap perilaku konsumtif. Hal ini disebabkan karena ada faktor lain yang lebih diperhatikan konsumen yang seharusnya menjadi faktor penting dalam mendukung adanya perilaku konsumtif terutama dalam pembelian secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas informasi; kualitas produ; harga; perilaku konsumtif.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:11
Last Modified: 11 Oct 2024 01:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24407

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics