Pengaruh kualitas pelayanan, produk layanan dan fasilitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank BSI cabang Ngaliyan
Faizony, M. Naufal Aiman (2023) Pengaruh kualitas pelayanan, produk layanan dan fasilitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank BSI cabang Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
REVISI FIX NAUFAL - naufal faizony.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Bank syariah merupakan bank yang aktivitas atau kegiatan keuangannya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut tata cara bermuamalah secara Islam. Salah satu bank yang menggunakan prinsip syariah yang ada di Indonesia adalah Bank Syariah Indonesia atau biasa kita sebut Bank BSI. Keberadaan Bank Syariah di Indonesia sendiri telah mengalami peningkatan dalam kurun waktu tiga dekade ini. Dengan memberikan inovasi produk, meningkatkan layanan serta pengembangan jaringan yang positif dari tahun ke tahun. Semangat untuk melakukan percepatan juga tercermin dari banyaknya Bank Syariah yang melakukan suatu aksi korporasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, produk layanan dan fasilitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank BSI Cabang Ngaliyan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 96 sampel nasabah Bank BSI Ngaliyan. Metode yang digunakan adalah purposive sampling . Data yang diperoleh adalah data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Kemudian metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas layanan (X1) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y). Variabel produk layanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y). Variabel fasilitas layanan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y). Sedangkan secara simultan variabel kualitas layanan (X1), produk layanan Bank BSI (X2) dan fasilitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan; produk layanan; kepuasan nasabah; BSI |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Bahrul Ulumi |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:17 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24416 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year