Pembelajaran PAI berbasis pesantren di SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang
Rifa'i, Ahmad (2020) Pembelajaran PAI berbasis pesantren di SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Tesis_1500118010_Ahmad_Rifa'i.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Tesis ini membahas tentang pembelajaran PAI berbasis pesantren di SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan harus dapat menghasilkan insan-insan yang memiliki ketakwaan yang baik yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, di samping memiliki kemampuan akademik dan keterampilan yang memadai. Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang ketakwaan yang baik adalah dengan mengintegrasikan pendidikan pesantren yang dalam setiap pembelajaran di suatu lembaga pendidikan salah satunya dengan berpadu pada pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana PAI berbasis pesantren diajarkan di SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang? (2)Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran PAI berbasis pesantren di SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang? Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan uji triangulasi dan perpanjangan observasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PAI berbasis pesantren di SMK Al- Islah Plus Ampelgading Pemalang efektif dan efisien. Dengan pengembangan pendidikan agama Islam yang dipadukan dengan kurikulum pesantren. Kurikulum PAI berbasis pesantren merupakan kurikulum yang dikembangkan dengan system, konsep dan aplikasi dalam pelaksanaannya antara lain mengenai rancangan program PAI berbasis pesantren, Materi PAI berbasis pesantren, Tujuan pembelajaran PAI berbasis pesantren, metode dan evaluasi PAI berbasis pesantren. Didukung dengan pengembangan PAI yang didasarkan nilai pesantren tersebut. Adapun pengembangan dari PAI yang diterapkan di SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang yaitu : Apel Motivasi, Sholat Dhuha setiap pagi, Murottal Qur’an, Arabic Morning, Aswaja, Tahfidz, yang juga merupakan bagian dari yang ada dalam aspek materi PAI. (2). Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis pesantren di SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang dimulai dari perencanaan pembelajaran sampai evaluasi yang dirancang oleh guru PAI dengan memadukan materi dinniyyah seperti Tajwid, hafalan qur’an, aswaja, tarikh nabi, tasawuf, aqidah, taqrib ( ilmu fiqih), yang terdapat dalam aspek pembelajaran PAI. Sehingga dengan dipadukan materi tersebut dapat meningkatkan dan tambahnya nilai agama yang lebih detail, tidak hanya PAI secara umum.
ABSTRACT:
This thesis discusses Islamic boarding school-based Islamic Studies learning at SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang. This research study is motivated by education must be able to produce people who have good piety that can be realized in everyday life, in addition to having adequate academic abilities and skills. One way to realize good human piety is to integrate Islamic boarding school education in every learning in an educational institution, one of which is by combining Islamic religious education. This study aims to determine (1) How is Islamic boarding school-based Islamic Studies taught at SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang? (2) How is the implementation of Islamic Boarding School-based Islamic Studies learning at SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang? The data was obtained by interview, observation and documentation. Data validity test is carried out by using triangulation test and observation extension. Analysis of the data used is a descriptive analysis model, namely data reduction, data presentation and conclusion.
The results of this study indicate that: (1) Islamic Studies learning based on Islamic boarding school in SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang is effective and efficient, with the development of Islamic Studies integrated with the Islamic Boarding school-curriculum. Islamic boarding school-based Islamic Studies curriculum is a curriculum developed with systems, concepts and applications in its implementation including the design of Islamic boarding school-based Islamic Studies programs, Islamic boarding school-based Islamic Studies material, Islamic boarding school-based Islamic Studies learning objectives, methods and evaluation of Islamic Boarding School-based Islamic Studies, supported by the development of Islamic Studies based on the value of the Islamic boarding school. The development of Islamic Studies implemented at Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang Vocational School are: Motivational parade, Dhuha Prayer every morning, Murottal Qur’an, Arabic Morning, Aswaja, Tahfidz, which are also part of the material aspects of Islamic Studies. (2) The implementation of Islamic Boarding School-based Islamic Studies learning at SMK Al-Islah Plus Ampelgading Pemalang starts from learning planning to evaluation designed by Islamic Studies teachers by combining dinniyyah materials such as Tajweed, memorizing qur'an, aswaja, story of the prophet, sufisme, aqidah, taqrib (fiqh science) , which is contained in the aspects of Islamic Studies learning. So that by integrating these materials can improve and add more detailed religious values, not only Islamic Studies in general.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI; PAI berbasis pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 04:06 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 04:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24421 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year