Pengaruh bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik playing therapy terhadap kreativitas belajar mewarnai anak jalanan di Kota Lama Semarang
Khanifah, Khoerunnisa Awaliyatul (2023) Pengaruh bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik playing therapy terhadap kreativitas belajar mewarnai anak jalanan di Kota Lama Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1901016132_KHOERUNNISA_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Pendampingan pada anak jalanan merupakan sebuah solusi dalam permasalan yang dialami oleh anak-anak. Salah satu pendampingannya adalah bimbingan kelompok ini yang mana membantu anak-anak agar lebih terarah, produktif dan mengerti hal-hal yang belum mereka pahami. Penelitian ini membahas mengenai kreativitas belajar pada anak jalanan yang dipengaruhi oleh proses pemberian bantuan bimbingan kelompok dengan dengan metode playing theraphy. Kreativitas belajar adalah kemampuan siswa untuk menemukan cara-cara yang baru dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran. Playing theraphy merupakan salah satu metode yang cocok untuk digunakan pada proses pemberian pelakuan terhadap anak-anak, melihat dari bagaimana anak-anak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik tanpa meninggalkan dunia permainannya. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen ini menggunakan desain One Group Pretest posttest. Populasi seluruh anak jalanan Rumpin Bangjo dan sampel penelitian adalah 60 anak dampingan yang dibagi menjadi 2 kelompok untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode penentuan sampel yang menggunakan teknik purposive sampling yang mana dengan metode ini pemilihan sample sesuai dengan umur rentang 5-9 tahun anak jalanan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji- paired sample t dan uji sample t independent dengan melihat selisi antara pretest dan posttest pada kedua kelompok tersebut. Hasil analisis penelitian menunjukkan hipotesis yang diajukan menyatakan hasil Ini menunjukan bahwa Ha diterima dengan adanyanya perbedaan yang signifikan dari sebelum dan setelah diberikannya perlakuan bimbingan kelompok di antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil dari uji independent sample t mengatakan adanya perbedaan yang nyata atau signifikansi dengan melihat perbedaan rerata dari pretest sebesar 33 dan posttest sebesar 81 dari kelompok eksperimen. Pengujian penelitian ini menggunakan analisis independent sample t-test yang menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh adalah 35,946 untuk nilai t tabel pada hasil penelitian dengan tingkat signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 pada signifikansi 5%. Dengan demikian terjadinya peningkatan pada kreativitas belajar anak jalanan terpengaruhi ketika semakin sering di berikan perlakuan dan begitupun sebaliknya ketika tidak adanya pemberian perlakuan maka kreativitas belajar anak jalanan tidak meningkat. Hasil akhir penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik playing theraphy dapat mempengaruhi peningkatan kreativitas belajar mewarnai anak jalanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah; Konseling; Bimbingan Islam; Terapi; Kreatifitas Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.3 Coordination and control |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 02:44 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 02:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24452 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year