Pengaruh hedonic shopping motivation dan literasi keuangan terhadap impulsive buying produk e-commerce pada mahasiswa di Kota Semarang

Hasanah, Uswatun (2024) Pengaruh hedonic shopping motivation dan literasi keuangan terhadap impulsive buying produk e-commerce pada mahasiswa di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1907016153_Uswatun Hasanah_Lengkap] Text (Skripsi_1907016153_Uswatun Hasanah_Lengkap)
Skripsi_1907016153_Uswatun Hasanah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (919kB)

Abstract

Perilaku pembelian yang dilakukan secara spontan dan tanpa rencana akan membuat mahasiswa kesulitan karena tidak memikirkan akibat setelah melakukan pembelian. Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari hedonic shopping motivation dan literasi keuangan terhadap impulsive buying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 110 mahasiswa yang diambil dengan teknik convenience sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala impulsive buying, skala hedonic shopping motivation, dan skala literasi keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulsive buying dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) yang artinya hipotesis pertama diterima. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan tidak terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap impulsive buying dengan nilai signifikasi 0,395 (p>0,05) yang artinya hipotesis kedua ditolak. Kemudian, pada hipotesis ketiga menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan hedonic shopping motivation dan literasi keuangan terhadap impulsive buying dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) yang artinya hipotesis ketiga diterima. Dengan hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic shoppong motivation dapat menjadi faktor penyebab impulsive buying dan literasi keuangan tidak dapat dijadikan prediktor dari impulsive buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Impulsif; Motivasi belanja; Hedonis; literasi keuangan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:04
Last Modified: 14 Oct 2024 01:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics