Nilai-nilai keagamaan dalam buku teks mata pelajaran umum Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Nasrulloh, Muhammad Haris (2022) Nilai-nilai keagamaan dalam buku teks mata pelajaran umum Sekolah Menengah Pertama (SMP). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Tesis_1903018118_Muhammad_Haris_Nasrulloh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Nilai-nilai keagamaan dipandang oleh mayoritas masyarakat hanya dituangkan dalam buku teks keagamaan, dan tidak banyak ditemukan dalam buku-buku teks mata pelajaran umum. Hal tersebut bertentangan dengan misi utama kurikulum pendidikan nasional yakni untuk menciptakan manusia beriman dan bertakwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai keagamaan yang termuat dalam buku teks Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan tingkat SMP. Analisis difokuskan pada cakupan nilai-nilai keagamaan, perlunya nilai-nilai keagamaan, dan sajian nilai-nilai keagamaan dalam buku teks mata pelajaran umum SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi teks. Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu buku Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cakupan nilai-nilai keagamaan dalam buku teks mata pelajaran umum Sekolah Menengah Pertama didominasi oleh aspek akhlak, akidah, dan syariah. (2) Nilai-nilai keagamaan perlu ada dalam buku teks karena sikap dan paham keagamaan perlu dikembangkan melalui bahan bacaan seperti buku teks. Adanya muatan nilai-nilai keagamaan tersebut mencegah terjadinya kehampaan spiritual. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan iman, takwa, amal ibadah dan pembentukan akhlak yang mulia (3) Sajian teks bermuatan nilai-nilai keagamaan mayoritas dalam bentuk kalimat pernyataan berupa ungkapan nasehat, dan dalam bentuk kalimat perintah. Sedangkan ilustrasi gambar bermuatan nilai-nilai keagamaan dalam bentuk gambar naturalis, kartun, karikatur, dan desain grafis. Hasil penelitian ini merekomendasikan perlunya representasi yang proporsional nilai-nilai keagamaaan tersebut di seluruh buku teks mata pelajaran umum.
ABSTRACT:
Religious values are seen by the majority of people as only outlined in religious textbooks, and are not widely found in general subject text books. This is contrary to the main mission of the national education curriculum, namely to create people of faith and piety. This study aims to reveal the religious values contained in Indonesian language and Pancasila Education and Citizenship textbooks at the junior high school level. The analysis focused on the scope of religious values, the need for religious values, and the presentation of religious values in junior high school general subject textbooks. This study uses a qualitative approach to the type of text study research. Data collection was carried out by examining documents, namely Indonesian language books and Pancasila and Citizenship Education. The results of the study show that (1) the coverage of religious values in general subject textbooks for junior high schools is dominated by aspects of morality, faith and sharia. (2) Religious values need to be in textbooks because religious attitudes and understanding need to be developed through reading materials such as textbooks. The content of these religious values prevents spiritual emptiness from occurring. This aims to increase faith, piety, good deeds and the formation of noble morals (3) Presentation of texts containing religious values in the majority in the form of statements in the form of expressions of advice, and in the form of imperative sentences. While the illustrations contain religious values in the form of naturalist drawings, cartoons, caricatures, and graphic designs. The results of this study recommend the need for a proportional representation of these religious values in all general subject textbooks.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai keagamaan; Buku teks; Mata pelajaran umum; SMP |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:30 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24487 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year