Peran kspps bmt artha sejahtera dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui analisis SWOT di Kecamatan Senori

Putra, Dio Pratama (2022) Peran kspps bmt artha sejahtera dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui analisis SWOT di Kecamatan Senori. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705036105_Dio_Putra] Text (Skripsi_1705036105_Dio_Putra)
Full Skripsi Dio Pratama Putra 1705036105 - Dio_ Devian.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sejak masa pandemi, banyak sekali usaha mikro kecil menengah yang membutuhkan pembiayaan guna pengembangan usahanya. Pembiayaan tersebut tentunya harus sesuai dan tepat untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah agar nantinya hal ini tidak memberatkan para pelaku usaha dan dapat membantu mengembangkan usaha dengan baik dan optimal. KSPPS BMT Artha Sejahtera melalui fasilitas pembiayaannya kepada usaha mikto kecil menengah diharapkan dapat membantu mensejahterakan perekonomian masyarakat khususnya di kecamatan Senori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran KSPPS BMT Artha Sejahtera dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui analisis SWOT di kecamatan Senori.
Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis SWOT hasil penelitian yang didapat adalah KSPPS BMT Usaha Artha Sejahtera berperan menyediakan dana untuk masyarakat kecamatan Senori dan sekitarnya dalam peningkatan taraf ekonomi yang mana hal ini merupakan peran penting KSPPS BMT Artha Sejahtera dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Peran KSPPS BMT Artha Sejahtera memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam pemberian modal usaha melalui penghimpunan dana masyarakat dan menyalurkannya kembali pada masyarakat. Adapun strategi yang digunakan KSPPS BMT Artha Sejahtera dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah melalui analisis SWOT di kecamatan Senori adalah dengan meningkatkan layanan hingga daerah pelosok agar tujuan pengembangan usaha mikro kecil menengah ini tersebar merata. Mengadakan sosialisasi terkait sistem dan produk KSPPS BMT serta memperbanyak permodalan.
KSPPS BMT Artha Sejahtera terdapat peran yang signifikan terhadap pemberian dana atau modal usaha melalui dana yang terkumpul pada BMT yang didapat dari kelompok swadaya masyarakat atau KSM. Kemudian dana tersebut disalurkan kembali pada masyarakat melelui program-program yang dimiliki pihak BMT pros inilah yang dianggap menjadi peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat baikuntuk pelaku usaha pemula maupun perintis agar usaha yang dimiliki dapat meningkatkan taraf kehidupan bagi pelakunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: KSPPS BMT Artha Sejahtera; pengembangan usaha; UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:40
Last Modified: 15 Oct 2024 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24530

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics