Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat sunnah rawatib melalui penerapan metode ceramah plus demonstrasi pada kelas III MIS Karanganyar 02 Pekalongan tahun ajaran 2010/2011

Ro’fah, Ro’fah (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat sunnah rawatib melalui penerapan metode ceramah plus demonstrasi pada kelas III MIS Karanganyar 02 Pekalongan tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111344-cover.pdf]
Preview
Text
093111344-cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111344-bab1.pdf]
Preview
Text
093111344-bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 093111344-bab2.pdf]
Preview
Text
093111344-bab2.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 093111344-bab3.pdf]
Preview
Text
093111344-bab3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 093111344-bab4.pdf]
Preview
Text
093111344-bab4.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 093111344-bab5.pdf]
Preview
Text
093111344-bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 093111344-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111344-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pembelajaran shalat pada usia anak sangat penting. Di samping sebagai sarana untuk melatih anak dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kepada Sang Khalik, shalat juga sangat besar manfaatnya dalam kehidupan rohani manusia. Dengan demikian, selain sebagai tugas dari orang tua, guru sebagai sosok pengganti orang tua dalam dunia pendidikan juga memiliki persamaan tugas dan tanggung jawab dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran untuk anak didik, termasuk dalam pembelajaran shalat.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apakah penerapan metode ceramah plus demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIS Karanganyar 02 Pekalongan pada mata pelajaran fikih pokok bahasan shalat sunnah rawatib?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.
Kesimpulan penelitian ini meliputi: 1) Pembelajaran mata pelajaran fikih pokok bahasan shalat sunnat rawatib melalui metode ceramah plus demonstrasi kelas III di MIS Karanganyar 02 Pekalongan semester II tahun pelajaran 2010/2011 sangat baik. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang menuntut aspek psikomotorik jika disajikan menggunakan metode ceramah saja pastilah selain siswa dalam mengkongkritkan hal yang abstrak pastilah akan kesulitan. Jadi ketika metode ceramah dimodifikasi dengan metode demonstrasi pastilah akan sangat menarik. Selain membuat siswa merasa tidak bosan. Selain itu juga siswa bisa melihat langsung cara-cara urutan suatu kegiatan dengan benar. Dengan tidak langsung akan mempengaruhi pemahaman siswa yang semakin cepat yang akhirnya pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan, tujuan pembelajarannya pun terpenuhi dengan hasil belajar yang memuaskan. 2) Pembelajaran menggunakan metode ceramah plus demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fikih pokok bahasan shalat sunnat rawatib pada siswa kelas III MIS Karanganyar 02 Pekalongan. Ini terbukti pada tahap pra siklus sebelum menggunakan metode ceramah plus demonstrasi hasil belajar siswa masih sangat rendah, dan sulit untuk mencapai kriteria ketuntasan minimum. Kemudian setelah diujicobakan metode ceramah plus demonstrasi pada pembelajaran tersebut ternyata hasil belajar siswa meningkat cukup signifikan (siklus I). Begitu seterusnya ketika dilanjutkan ketahap berikutnya yaitu siklus berikutnya, yaitu pembelajaran shalat sunnat rawatib menggunakan metode ceramah plus demonstrasi ternyata meningkat lagi secara signifikan. Berarti ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah plus demonstrasi ternyata bisa meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan shalat sunnat rawatib pada siswa kelas III MIS Karanganyar 02 Pekalongan semester II tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ceramah dan Demonstrasi; Shalat Sunnah Rawatib; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:56
Last Modified: 07 Jul 2014 01:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics